Share

Rupiah Berpotensi Melemah, Jika Pelaku Pasar Terpengaruh Putusan MK

Rizkie Fauzian , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 278 1028164 5DgAyJGfcw.jpg Rupiah Berpotensi Melemah, Jika Pelaku Pasar Terpengaruh Putusan MK (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA -  Nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan masih akan melemah. Laju Rupiah di bawah level support Rp11.715 per USD.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, dengan masih uptrend-nya dolar AS membuat laju Rupiah masih berpotensi melanjutkan pelemahan terutama jika pelaku pasar ikut terpengaruh dengan hasil sidang MK.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Rupiah menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) bergerak di kisaran Rp11.715-Rp11.695 per USD," katanya dalam riset, Jumat (22/8/2014).

Selain sentimen dari dalam negeri tentang keputusan MK, sentimen lainnya berasal dari the Fed. Meski pelaku pasar menilai The Fed saat ini akan melanjutkan kebijakan pelonggaran moneternya.

"The Fed akan melanjutkan kebijakannya sambil mencermati data-data ketenagakerjaan dan data-data lainnya untuk mendukung kenaikan suku bunganya namun, pelaku pasar masih banyak melakukan transaksi dolar sehingga membuat mata uang tersebut mengalami kenaikan," jelasnya.

Selain itu, menurut Reza pelemahan AUD dan Yuan turut memberikan kesempatan bagi dolar untuk terapresiasi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini