Share

Nutrisomatic Fx, Cara Praktis Periksa IMT

Margaret Puspitarini , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 372 1028097 URm88krFbY.jpg Foto : Nutrisomatic Fx, Cara Praktis Periksa IMT/UGM
A A A

JAKARTA - Selama ini, pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT) melalui penghitungan tinggi dan berat badan masih menggunakan cara manual. Sehingga tenaga kesehatan jarang melakukan pemeriksaan IMT. Padahal pemeriksaan IMT penting dilakukan sebagai alat secreening obesitas dan risiko kesehatan.

Alasan tersebut yang kemudian membuat sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melahirkan inovasi alat pemeriksaan IMT dengan lebih praktis. Alat yang diberi nama Nutrisomatic Fx itu membuat pemeriksaan IMT tidak lagi memakan waktu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nutrisomatic Fx dikembangkan oleh empat mahasiswa UGM. Mereka adalah Yasmin Noor Afifah, Putri Istiqomah Rizki Hidayatun, Fredy Aga Nugroho, dan Azis Fajar Riyadi.

“Selama ini pemeriksaan IMT masih manual yang tidak praktis dan menghabiskan waktu lama. Misalnya menimbang dulu baru ukur tinggi badan, bahkan terkadang alatnya tidak jadi satu dengan posisi berjauhan,” ungkap Yasmin Noor Afifah, seperti dikutip dari situs UGM, Kamis (21/8/2014).

Alat pengukur status nutrisi otomatis ini tersusun dari tiga bagian utama. Pertama, sensor berat untuk mengetahui berat badan pengguna. Kedua, sensor kamera untuk mengolah citra digital sehingga diperoleh tinggi badan pengguna. Dalam pengolahan citra digital juga disertai dengan teknologi pendeteksi wajah (face detection).

"Ketiga, unit pemroses untuk mengolah data dari sensor berat dan sensor kamera menjadi data berupa keterangan IMT yang selanjutnya tnya ditampilkan pada layar LCD. Pada LCD menunjukkan berat badan dan tinggi penguna serta keterangan keidealan tubuh pengguna,” jelas mahasiswi Fakultas Kedokteran itu.

Ke depan, Nutrisomatic Fx akan diintegrasikan dengan computerized medical record. Pengguna berdiri di atas timbangan dan menghadap kamera, kemudian data akan diproses dan hasil IMT dapat terlihat di layar display.

“Dengan alat ini mampu memberikan manfaat bagi petugas pleayanan kesehatan dalam menentukan status nutrisi secara otomatis, praktis, serta efisien,” harap Yasmin.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini