Share

Apa Saja Materi Tes CPNS?

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 373 1027655 zybZXguPoS.jpg Tes CPNS menggunakan sistem CAT dijadwalkan mulai 8 September 2014. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi CPNS 2014 juga mengujikan TKD dan TKB. (Foto: Kementerian PAN-RB)
A A A

JAKARTA - Sejak kemarin, masyarakat sudah bisa mendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara online. Kemudian, dijadwalkan mulai awal September, mereka yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti ujian menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Seperti tes CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi dengan sistem CAT ini juga mengujikan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Dikutip dari laman Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Kamis (21/8/2014), tipe TKD akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan; mulai dari SD hingga S-3. 

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti halnya TKD, TKB juga akan disesuaikan dengan bidang tugas masing-masing jabatan. Tenaga honorer sebagai tenaga kesehatan akan mengerjakan tes bidang kesehatan; tenaga honorer sebagai tenaga pendidik akan mengerjakan tes bidang kependidikan; dan tenaga honorer sebagai tenaga teknis dan administrasi akan mengerjakan tes bidang administrasi umum.

Sementara itu, instansi tidak wajib menyelenggarakan TKB untuk pelamar umum. Penyelenggaraan TKB bagi pelamar umum ini disesuaikan dengan kebutuhan jabatan. 

Pendaftaran online seleksi CPNS dilakukan melalui situs Panselnas, https://panselnas.menpan.go.id/ hingga 3 September mendatang. Ujian CPNS menggunakan CAT dijadwalkan mulai 8 September 2014.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini