Share

USBI Cetak Pemimpin Masa Depan Unggul

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 373 1027805 VeEvjfdTev.jpg USBI Cetak Pemimpin Masa Depan Unggul (Foto: dok. USBI)
A A A

JAKARTA - Di Indonesia, tenaga kerja yang diserap oleh dunia usaha masih didominasi oleh penduduk berpendidikan SMA ke bawah sebanyak 72,5 juta orang atau 64,42 persen dari total tenaga kerja yang terserap.

Sementara, sumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2013, pekerja berpendidikan setara universitas hanya terserap sekira 7,6 juta atau 6,8 persen. Padahal, tingkat pendidikan memiliki peranan penting dalam mencapai keberhasilan pembangunan ekonomi dan meningkatkan produktivitas nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Produktivitas nasional Indonesia akan dapat tumbuh pesat jika didukung oleh peningkatan jumlah tenaga kerja yang berpendidikan tinggi. Perguruan Tinggi memiliki peranan penting untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing, yang siap bekerja menempati berbagai posisi strategis dunia usaha ataupun menciptakan lapangan kerja melalui wirausaha.

Hal ini disadari penuh oleh Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI). Oleh karena itu, nama lain dari USBI yaitu The Sampoerna University menggagas diskusi mengenai "Mencetak Pemimpin Masa Depan yang Unggul melalui Sampoerna School System", dalam upaya memenuhi kebutuhan Indonesia akan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Diskusi ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen nyata USBI dalam melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia yang berkualitas melalui Sampoerna School System.

Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan USBI Prof. Dr. Teddy Mantoro mengatakan, salah satu upaya untuk mencetak calon pemimpin masa depan Indonesia yang berkualitas terletak pada Sampoerna School System.

"USBI adalah bagian dari Sampoerna School System yang berperan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi atau pendidikan tingkat akhir,” ujar Teddy seperti keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (21/8/2014).

Program yang ditawarkan USBI adalah program pendidikan Amerika Serikat (AS) di Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Setiap mahasiswa USBI memiliki kesempatan untuk mengikuti program transfer internasional yang memudahkan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas-universitas ternama di AS dengan biaya yang efisien.

Program pendidikan tersebut telah dirancang sedemikian rupa, sehingga selain mahasiswa memperoleh pemahaman dari disiplin ilmu yang diajarkan, mahasiswa juga memiliki keterampilan praktik yang aplikatif dengan pendekatan pembelajaran experiential learning yang didukung dengan penggunaan teknologi digital di setiap program studi (prodi) yang tersedia.

Seluruh program pendidikan di USBI terintegrasi untuk membangun karakter mahasiswa yang memiliki jiwa nasionalisme, etos kerja keras, disiplin, motivasi yang tinggi, kreatif dan inovatif, memiliki kepekaan sosial serta mampu menyesuaikan keterampilan dan keahlian yang dikuasai sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, kepada para mahasiswa USBI juga ditanamkan nilai-nilai kepemimpinan, kewirausahaan dan tanggung jawab sosial, melalui berbagai aktivitas kemahasiswaan, agar dapat menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang unggul.

Di tahun akademik 2014/2015 ini, USBI mencatat minat generasi muda untuk melanjutkan studi S-1 di USBI telah meningkat drastis.

Teddy melanjutkan, tahun ini, pihaknya memperoleh peningkatan jumlah mahasiswa hampir tiga kali lipat dibanding jumlah mahasiswa tahun akademik sebelumnya.

"Ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan bagi USBI sebagai universitas yang baru berdiri pada Maret 2013 lalu," ucapnya.

Dia menambahkan, hal ini juga membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki keinginan tinggi untuk mendapatkan pendidikan tinggi Amerika yang berkualitas di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

USBI telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas peringkat atas di dunia dan beberapa universitas ternama di Indonesia dalam upaya menyediakan program pendidikan berkualitas internasional yang terbaik di Indonesia. Salah satunya yaitu Lone Star College (Texas, AS), academic community college terbesar di US, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh pendidikan di dua negara, dua tahun di Indonesia dan dua tahun di Amerika.

Selain itu, USBI juga menjalin kerjasama dengan Louisiana State University dalam pengembangan program teknik, seperti Teknik Mekanik, Teknik Industri, Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, di Kampus USBI Jakarta. Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa USBI untuk mendapat pengakuan dan transfer kredit ke dalam kurikulum pendidikan AS tanpa meninggalkan tanah air.

Sekedar informasi, Sampoerna School System merupakan sebuah perjalanan pendidikan yang dirancang untuk mendukung komitmen Putera Sampoerna Foundation (PSF) dalam mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang unggul dan berkarakter melalui pendidikan yang berkualitas Internasional di Indonesia.

Sampoerna School System mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki kepandaian secara akademis, berkarakter kepemimpinan dan kewirausahaan, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap sosial masyarakat. Sampoerna School System juga memberikan akses kepada generasi muda Indonesia untuk mendapatkan pendidikan berkualitas internasional di Indonesia. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini