Share

Kuliah Jangan Belajar di Kelas Aja!

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 373 1027817 99oBgag967.jpg Ilmu selama kuliah bisa kita dapatkan juga di luar ruang kelas, misalnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. (Foto: dok. Unpad)
A A A

JAKARTA - Sesuai judulnya, kita berkuliah di ruang-ruang kelas kampus. Tapi tahukah kamu, ilmu selama kuliah bisa kita dapatkan juga di luar ruang kelas? Bahkan, jumlahnya lebih banyak.

Caranya, dengan aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Kita bisa bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa (UKM) sesuai minat dan bakat, jadi aktivis di organisasi intra kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau menjadi sukarelawan dalam berbagai korps sukarela.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski berbagai kegiatan ekstrakurikuler itu akan menyita lebih banyak waktu kita, percaya deh, akan ada banyak manfaatnya. Khususnya, ketika kita akan melamar pekerjaan. Menurut  Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unpad 2014 dan Koordinator Pusat Pengembangan Kemahasiswaan LPKA Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Dudi Heryadi, banyak orang sukses dulunya merupakan mahasiswa yang aktif di kampus.

"Para lulusan Unpad yang ketika masih menjadi mahasiswa aktif di organisasi, memiliki potensi diri yang lebih baik," kata Dudi, seperti dinukil dari laman Unpad, Kamis (21/8/2014). 

Kok bisa? Dudi memaparkan, keaktifan mahasiswa di kegiatan ekstrakurikuler menggembleng soft skill mereka. Sebab, kita enggak cuma belajar dari ilmu pengetahuan di sekolah, tetapi juga dengan mengaktualisasikan diri, berinteraksi dengan orang lain hingga mengorganisasikan kegiatan.

"Ini secara faktual, secara praktik, didapat di kegiatan kemahasiswaan," imbuhnya.

Nah, jadi jelas dong, ketimbang santai-santai enggak jelas, lebih baik kita manfaatkan waktu luang dengan aktif di kegiatan ekstrakurikuler kampus. Tapi, ada syaratnya, nih.

“Hal yang paling penting adalah aktivitas di dunia kemahasiswaan tidak boleh sampai mengganggu aktivitas di dunia akademik, karena tetap yang nomor satu mereka datang ke Unpad adalah ingin belajar. Jadi harus seimbang antara kedua hal ini," tutur Dudi.

Unpad sendiri memiliki lebih dari 60 organisasi kemahasiswaan. Para mahasiswa Unpad bisa memilih organisasi sesuai minat dan bakatnya baik di UKM, kelompok mahasiswa, paguyuban daerah maupun BEM.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini