Share

Info Penting Buat Maba Nih!

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 373 1027930 tiIny2MvPO.jpg Mahasiswa baru harus mengetahui berbagai hal tentang perkuliahan sebagai bekal menjalani studi. (Foto: dok. Unpad)
A A A

JAKARTA - Masa orientasi pengenalan kampus (ospek) sudah mulai, nih. Ratusan ribu mahasiswa baru (maba) pun larut dalam sukacita dan keseruan penanda mereka sebagai "anak kuliahan" tersebut.

Sebagai maba apa lagi sih yang kamu ketahui tentang perkuliahan selain ospek? Kalo masih bingung, daftar ini bisa jadi pegangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

1. Dosen pembimbing

Kamu akan mendapatkan dosen pembimbing. Peran dosen pembimbing ini sangat penting; mereka bisa membantu menjawab berbagai pertanyaan tentang kuliah sambil membimbingmu untuk belajar dengan baik dan lulus  tepat waktu. Demikian dinukil dari laman College View, Jumat (22/8/2014).

2. Buku teks

Di setiap awal perkuliahan, para dosen pengampu mata kuliah akan memberikan silabus perkuliahan, lengkap dengan buku-buku teks yang disarankan. Biasanya, harga buku teks ini cukup mahal. Jadi, pastikan dulu buku mana saja yang paling kamu perlukan dalam perkuliahan dari daftar tersebut. Cara lainnya, kamu bisa membeli buku bekas yang masih dalam kondisi bagus atau meminjam di perpustakaan.

3. Aktif di kampus

Keaktifan dalam kehidupan sosial di kampus enggak hanya memberikan pengalaman. Ini juga menjadi investasi dalam kerangka networking. Selain kuliah, coba deh aktif di kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai minat dan bakat. Dengan begitu, kesempatan bertemu banyak orang dan memiliki teman baru pun lebih besar.

4. Hidup seimbang

Meski sibuk kuliah, ikut ekskul atau mungkin kerja sambilan, usahakan hidupmu tetap seimbang. Pastikan jadwal kegiatanmu enggak membuatmu kelelahan. Sesekali, bolehlah jalan-jalan bareng teman-teman. Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain supaya tetap rileks.

5. Dosen bukan musuh

Jangan segan sama dosen, ya! Kenalan deh sama mereka, pastikan mereka mengenal namamu. Kunjungi mereka di kantornya untuk bertanya tentang materi perkuliahan yang belum dipahami. Biasanya dosen menyukai mahasiswa yang aktif seperti ini. Siapa tahu, sang dosen bersedia memberi referensi ketika kamu mau melamar beasiswa studi lanjutan.

6. Jaga keselamatan 

Kampus memang wilayah pendidikan, tapi bukan berarti aman 100 persen. Kenali lingkungan kampusmu dengan baik. Cari tahu juga di mana saja pos keamanan kampus dan bagaimana cara mengontak petugas keamanan atau polisi di saat darurat.

7. Magang

Enggak usah ngedumel kalau diwajibkan kampus mengikuti program magang. Percaya, deh, magang berdampak sangat positif bagi mahasiswa. Sebab, kamu bisa mempraktikkan ilmu di kampus sambil belajar tentang dunia kerja. Selain itu, para perekrut karyawan lebih suka orang dengan pengalaman kerja, meskipun hanya sebagai karyawan magang.

8. Bujeting

Rencanakan pengeluaranmu per minggu atau per bulan. Bujeting seperti ini akan menjagamu dari perilaku boros dan menjauhkan dari kebiasaan berutang. Jika dibekali kartu kredit oleh orangtua, gunakan hanya pada saat yang benar-benar darurat.

9. Kuliah di luar negeri

Khusus buat kamu yang kuliah di luar negeri, kesempatan ini merupakan momen paling tepat untuk merasakan dan meresapi budaya baru sebagai pengalaman belajar. Kamu akan belajar berbaur melalui bahasa dan budaya asing; misalnya dengan menikmati makanan, seni, musik dan kehidupan masyarakat lokal.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini