Share

Istimewanya Festival Seni dan Budaya Nusantara Kota Toea

Dewi Kania, Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 407 1028145 OEYB2DnO84.jpg Peresmian Festival Seni dan Budaya Nusantara Kota Toea (Foto: Josep/Okezone)
A A A

SENI dan budaya Nusantara sangat kaya raya dan wajib kita cintai. Festival Seni dan Budaya Nusantara Kota Toea ajak traveler kenal lebih dekat semua itu. Lantas, apa istimewanya?

"Beragam budaya tersaji semua di festival ini. Hari pertama kami menggelar budaya Betawi. Selain tari, ada gambang kromong, lenong Betawi jadi tren hiburan di Jakarta," ucap Ketua Forum Peduli Budaya Nusantara Hendardji Supandji dalam sambutan pembukaan Festival Seni dan Budaya Nusantara Kota Toea di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (21/8/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rangkuman acara memang sengaja menampilkan tema berbeda yang dibawa dari Sabang sampai Merauke. Agar traveler dapat mengenal semua kekayaan budaya walau hanya dalam empat hari.

"Budaya dan seni menjadi cerminan kearifan lokal yang wajib kita tahu agar tidak tergerus budaya lokal," imbuhnya.

Selama empat hari berturut-turut, kata dia, seni dan budaya dari Sumatera hingga Papua memeriahkan acara.

Misalnya saja dari Sumatera Barat menampilkan tradisi makan bersama yang disebut pajamba. Jawa Timur memersembahkan tari remo.

Beda lagi dengan Jawa Barat dalam bentuk sendratari memukau. Begitu juga dengan Kalimantan Tengah yang menampilkan drama musikal tradisional.

Ada juga Yogyakarta yang menampilkan tari agung dan Papua yang membawa tari mamri. Pada akhir acara ada ketoprak yang mengangkat cerita Tri Buana Tungga Dewi. Seru bukan?

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini