Share

Bank Diminta Jangan Danai Perusahaan Perusak Lingkungan!

Oris Riswan , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 457 1027861 Wfs0eRQGDb.jpg Bank Diminta Jangan Danai Perusahaan Perusak Lingkungan! (Ahmad Heriawan: Okezone)
A A A

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), mengancam perusahaan perusak lingkungan tidak akan diberi pinjaman modal oleh bank. Itu sebagai bentuk komitmen agar perusahaan tidak lagi jadi biang kerusakan lingkungan.

Rencananya, ia akan mengumumkan perusahaan mana saja yang jadi perusak lingkungan. Selain diumumkan di media massa, nama-nama perusahaan itu akan disosialisasikan ke Bank Indonesia (BI).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bank Indonesia (BI) nantinya akan merekomendasikan agar bank-bank tidak memberikan pinjaman modal bagi perusahaan perusak lingkungan. Berbagai perusahaan pun akan ditandai secara khusus. Sehingga nantinya bank bisa mengetahui jika perusahaan itu perusak lingkungan atau bukan.

"Ya nanti akan kita kasih label, mana yang emas, hijau, biru, merah, dan mana yang hitam," tegas Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/8/2014).

Dengan cara seperti itu, perusahaan perusak lingkungan diharapkan makin berpikir untuk tidak merusak lingkungan. Bahkan yang selama ini sudah terlanjur merusak diharapkan memperbaiki lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab.

"Kalau seperti itu otomatis dia langsung akan perbaiki lingkungan dan akan kita perketat," kata Aher.

Sementara selain akan menandai perusahaan perusak lingkungan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi secara khusus terhadap perusahaan-perusahaan tersebut.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini