Share
Advertisement

Ini Teknologi, Cara Kerja, & Mengakses Google Street View

Advent Jose , Jurnalis-Jum'at 22 Agustus 2014 06:03 WIB
Ilustrasi Ini Teknologi, Cara Kerja, & Mengakses Google Street View (Foto : Mashable)
Ilustrasi Ini Teknologi, Cara Kerja, & Mengakses Google Street View (Foto : Mashable)
A
A
A
JAKARTA - Google baru saja meluncurkan fitur panorama 3D bernama ‘Street View’ untuk Indonesia, Kamis (21/8/2014). Fitur yang terintegrasi bersama dengan Google Maps tersebut, diklaim sangat membantu pengguna internet untuk menjelajahi berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Rudy Ramawi, Country Director, Google Indonesia  mengatakan, Street View sangat berguna untuk masyarakat karena dapat membantu apabila ingin mengunjungi tempat baru untuk pertama kalinya.

Google Street View  yang dilakukan di Indonesia mulai digarap pada November 2012. Google menggunakan perlengkapan seperti kamera yang mampu menangkap gambar 360 derajat yang diletakan di atas mobil.

Namun, kamera tersebut tidak hanya dipasang pada mobil saja, tetapi disesuaikan dengan medan jalan yang hendak ditempuh. Kamera tersebut dapat dipasang di atas troli, sepeda, diatas perahu, bahkan dipegang sendiri oleh manusia.

Awalnya Google bekerjasama dengan Immersive Media untuk menggarap proyek Street View. Namun pada 2007, Google mengakhiri kerjasama tersebut dan membuat kamera sendiri.

Kerja Kamera
Sistem kamera yang berbentuk bola ini, diperkenalkan pertama kali oleh Immersive Media pada 2004. Teknik pengambilan gambarnya menggunakan sistem kamera 11 lensa yang disebut Dodeca 2360, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (21/8/2014).

Sebelas lensa ini merekam gambar dari 11 sudut berbeda berdasarkan geometri dodecahedron. Hasil akhir yang ditampilkan dalam laman Goolge Street View, memang gambar tak bergerak alias diam. Tetapi gambar yang direkam dengan kamera ini adalah adalah video full-frame yang  mampu menangkap gambar 30 frame per detik dengan resolusi yang sangat tinggi.

Di Indonesia, ada sekira empat wilayah yang telah dipetakan oleh Google ke dalam Street View. Wilayah tersebut adalah Jakarta, Bogor, Surabaya dan Denpasar.

Tidak hanya itu, Google juga melucurkan rangkaian gambar Street View bawah laut untuk terumbu karang di Taman Nasional Komodo. Panorama itu memperlihatkan hamparan terumbu karang, ikan pari manta, dan keanekaragaman hayati lainnya yang  hidup di perairan situs warisan dunia UNESCO.

Goolge menggandeng tim The Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera 360 derajat panorama SVII untuk memotretnya. Tim tersebut telah mendokumentasikan banyak situs bawah laut di seluruh dunia. Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif pun ikut mensukseskan proyek ini.

Cara Mengakses
Pengguna yang ingin mengakses Google Street View dapat pergi ke halaman Google Maps. Pada wilayah yang sudah tersedia Street View, rangkaian gambar dapat diakses dengan zoom sampai ke level terendah. Pengguna dapat menggeser ikon “Pegmen” berwarna oranye pada sisi kiri peta ke jalan berwarna biru.
 

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement