Share

E-Book Balai Pustaka Ringankan Tas Siswa

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 560 1028014 ae5EiNB62j.jpg Tas pelajar Indonesia penuh dan berat oleh buku pelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan membuat e-book untuk semua materi pelajaran. Ilustrasi: buku pelajaran kurikulum 2013. (Foto: dok. Kemendikbud)
A A A

JAKARTA - Banyaknya beban pelajaran siswa Indonesia membuat tas mereka pun penuh dengan buku-buku pelajaran. Selain berat, para siswa juga kesulitan beraktivitas. 

Menyikapi kondisi ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan, PT Balai Pustaka (Persero) akan mengembangkan buku elektronik berbentuk tablet. Pengembangan teknologi tersebut, kata Dahlan, akan mempermudah aktivitas para siswa.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Dari pada tas isinya penuh banget, kan kasihan. Kami juga akan mengembangkan buku elektronik. Jadi cukup satu tablet, seluruh pelajarannya ada di situ," kata Dahlan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Menurut Dahlan, saat ini Balai Pustaka telah kebanjiran order. Kepulauan Riau saja telah memesan 1.000 gadget untuk buku elektronik tersebut. Dahlan menyebut, pemesanan besar-besaran ini dilatari kesadaran pemerintah daerah Kepulauan Riau bahwa wilayahnya tertinggal dan mereka ingin menjadikan daerah tersebut modern seperti wilayah lainnya.

"Saya minta Balai Pustaka cari gadget yang relatif terjangkau. Sudah ditunjukan prototype-nya seperti ipad, tetapi tidak perlu internet," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini