Share

Peran Masyarakat Dibutuhkan untuk Dorong Sektor Kelautan

Selfiani Hasanah , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 320 1028493 lNwDd6SZ7j.jpg Ilustrasi sektor kelautan & perikanan. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah melaksanakan berbagai pelatihan/diklat bagi aparatur perikanan untuk meningkatkan kemampuan SDM kelautan dan perikanan. Pelatihan ini dilakukan, agar dapat membentuk para wirausaha budi daya ikan yang baru.

Wakil ketua umum Kadin bidang kelautan dan perikanan, Yugi Prayanto, menjelaskan guna mewujudkan pembangunan kelautan dan perikanan lima tahun ke depan, harus dibuat terlebih dahulu strategi yang mendasar.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Yang perlu diperhatikan penguatan peran masyarakat (dunia usaha dan masyarakat) dan negara dalam peningkatan nilai tambah produk kelautan dan perikanan," ujarnya saat ditemui di menara Kadin, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Dia menambahkan, penguatan juga harus dilakukan pada sumberdaya, logistik, transportasi laut, dan teknologi pada semua sub sistem kelautan dan perikanan.

"Juga penguatan pada regulasi, koordinasi, dan eksekusi pembangunan kelautan dan perikanan untuk menunjang daya saing pelaku usaha perikanan dan kelautan Indonesia menghadapi pasar bebas," pungkasnya.

Yogi mengatakan, program-program dan sasaran-sasaran yang harus dicapai. "Pada sektor perikanan, optimalisasi produk perikanan budi daya nasional dan produksi perikanan tangkap di ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia) dan Laut Lepas menjadi salah satu bidikan utama," ujarnya.

Menurutnya, sektor perikanan dan budi daya tangkap nasional, bisa mencapai 38,2 juta ton di 2019 dan menjadi salah satu komoditi ketahanan pangan nasional.

"Saya berharap agar distribusi ikan antara wilayah di Indonesia bisa lebih merata dan pembangunan sentra-sentra produksi dapat lebih baik dengan dilengkapi cold storage yang memadai serta menerapkan tata kelola sistem logistik ikan yang baru," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini