Share

Sistem Pendaftaran CAT CPNS Dinilai Efektif

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 373 1028546 QpLduJxJ4w.jpg Sistem Pendaftaran CAT CPNS Dinilai Efektif (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah kembali membuka pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Proses penerimaan CPNS 2014 didukung dengan sistem penerimaan online computer assisted test (CAT). 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) tahun lalu menggunakan metode peneriman CPNS dengan dua sistem. Dua metode yang dipakai yaitu, sistem yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) dan CAT.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Tahun ini, Kemenpan-RB mewajibkan seluruh instansi untuk melakukan tes CPNS dengan Sistem CAT. Sistem pendaftaran yang berbasis online seperti tahun ini efektif enggak ya!

 

Peserta Launching simulasi CAT CPNS Oktaviantoro mengakui, walaupun baru pertama kali mengikuti tes CPNS. Saat mengikuti simulasi CAT CPNS, sistem pendaftaran online tersebut lebih efektif.

 

"Karena ini sistem online, jadi enggak perlu ujian tulis lagi. CAT ini mengikuti perkembangan teknologi, jadi lebih mudah," ujarnya, saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

 

Alumnus Prof. Dr. Moestopo (Beragama) itu melanjutkan, jika tes CPNS masih menerapkan ujian tertulis, mungkin persiapan yang harus dibawa alat-alat tulis.

 

"Ujian tulis kalau salah dihapus berisiko robek, jadi enggak masuk ke sistem komputer. Kalau CAT memilih jawabannya tinggal menyontreng aja. Misalnya pilih jawaban A, kalau enggak yakin bisa memilih pilihan B, tidak perlu dihapus," ucap Pria yang ingin mendaftar di Kementerian Kehutanan (Kemenhut) itu.

 

Sedangkan menurut peserta lain bernama Ludit Paramita, sistem pendaftaran online seperti CAT harus disosialisasikan informasinya lebih luas lagi, seperti memasang iklan dan spanduk atau bisa juga informasi melalui website.

 

"Sistem pendaftaran CAT efektif untuk mengurangi peserta yang banyak mengikuti tes CPNS di tempat terbuka, seperti di Hall. Dengan sistem CAT ini, kita bisa melihat ranking," ungkapnya.

 

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu menambahkan, sistem pendaftaran tahun ini lebih bagus jika dibandingkan dengan tahun lalu.

 

"Tahun lalu sudah ada CAT, tapi informasinya enggak sebanyak sekarang. Tahun ini kementerian/lembaga (k/l) lebih banyak dan serentak di seluruh Indonesia," tutur Perempuan yang ingin mendaftar di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini