Share

Registrasi Sistem CAT CPNS Membingungkan

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 373 1028575 0VJlIh4UQy.jpg Registrasi Sistem CAT CPNS Membingungkan (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Computer Assisted Test (CAT) merupakan suatu metode ujian dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi dalams seleksi aparatur sipil Negara (ASN).

Salah satu tujuannya yaitu mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian dan menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional. Tapi, pada saat simulasi CAT online, beberapa peserta mengalami kebingungan saat melakukan registrasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Peserta Launching simulasi CAT CPNS Oktaviantoro mengatakan, secara teknis sempat kebingungan ketika melakukan registrasi. Para pengawas pun juga bingung karena kekurangan informasi.

"Cuma pas registrasi aja yang sempat bingung," ujarnya saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Selain itu, Alumnus Prof. Dr. Moestopo (Beragama) itu mengakui jika tes seperti dasar-dasar kepribadian mudah, tapi tes Wawasan Kebangsaan seperti amandemen pemerintah susah.

"Tipsnya ketika mendaftar sistem CAT harus mengisi petunjuk yang jelas, registrasi terlebih dahulu. Ikuti aja soal yang mudah dulu, sama halnya dengan mengerjakan soal-soal kuliah," ucap Pria yang ingin mendaftar di Kementerian Kehutanan (Kemenhut) itu.

Hal senada dengan peserta lain bernama Ludit Paramita. Dia pun juga merasa kebingungan saat melakukan registrasi via CAT.

"Untuk pengisian data registrasinya ribet. Tapi yang penting harus banyak baca dan meluangkan waktu," ungkapnya.

Ludit menambahkan, alasan dia ingin mendaftar di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) karena sesuai dengan latarbelakang pendidikannya, yaitu Ekonomi Manajemen. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini