Share

Rangka Sepeda Buatan Dosen ITS Raih Piagam Paten

Margaret Puspitarini , Okezone · Sabtu 23 Agustus 2014 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 373 1028612 WEVrOGjc6x.jpg Foto : Rangka Sepeda Buatan Dosen ITS Raih Piagam Paten/ITS
A A A

JAKARTA - Salah seorang tenaga pengajar dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima penghargaan Piagam Paten dalam gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2014. Penerima piagam tersebut adalah Kepala Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk, Jurusan Teknik Mesin ITS, I Made Londen Batan.

 

Karya Londen yang mendapat Piagam Paten itu berupa Rangka Sepeda dengan Energi Kayuh Kecil. Inovasi tersebut merupakan adalah sebuah rangka sepeda yang dapat dirubah geometrinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Itulah keunikan dari paten ini. Karena hingga saat ini, belum ada geometri rangka sepeda yang bisa diubah. Kini, dengan adanya desain ini, seseorang tidak harus membeli sepeda tertentu untuk satu jenis pemakaian. Cukup dengan satu sepeda dengan energi kayuh kecil dapat digunakan menjadi tiga jenis sepeda, yakni sepeda balap, sepeda gunung dan sepeda santai," ujar Londen, seperti dilansir dari ITS Online, Sabtu (23/8/2014).

 

Penelitian itu merupakan hasil karya bidang teknologi desain produk, khususnya alat transportasi konvensional yang dikembangkan di laboratorium sejak 2001. Sejak saat itu, tema sepeda menjadi topik utama pada tugas akhir mahasiswa S-1 dan thesis mahasiswa S-2 bimbingan Londen.

 

Londen juga menggeluti penelitian ini dalam hibah penelitian nasional dan pengembangan produk di industri manufaktur Indonesia. Dalam pengembangan produk, Londen bekerja sama dengan industri manufaktur PT Insera Sena, penghasil sepeda yang terkenal di Indonesia dengan merek Polygon.

 

Sejak 2009, Londen telah mengusulkan tiga buah pendaftaran paten yang berhubungan dengan sepeda. Dosen jurusan Teknik Mesin ini juga mengusulkan dua buah paten rancangan kursi roda kepada Kementerian Hukum dan HAM. "Semua teknologi yang akan dipatenkan ini hampir mirip, yaitu sebuah transportasi yang ramah lingkungan," urainya.

 

Kedepan, Londen ingin mengembangkan geometri rangka sepeda yang tidak memiliki sambungan. Rangka sepeda itu terbuat dari material plastik atau karbon. "Karena dapat meringankan pengendara sepeda dan tidak menyebabkan energi kayuh yang dibutuhkan seorang pengendara akan menurun," tutup Londen.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini