Share

Siapkan Teknisi Handal, Honda Gandeng SMKN 4 Bogor

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 52 1028340 xISMD5lIEC.jpg F: Siapkan Teknisi Handal, Honda Gandeng SMKN 4 Bogor (dok. HPM)

BOGOR - PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukan komitmennya dalam membangun dunia pendidikan nasional dengan meresmikan Program Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda,  di Bogor, 21 Agustus 2014. Dalam menjalankan program ini, HPM menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bogor, Jawa Barat.

Pabrikan berlambang huruf 'H' tersebut menyerahkan donasi berupa 1 unit engine simulator, common tools, special tools dan alat ukur, materi pelatihan, serta komponen-komponen sistem kendaraan yang digunakan sebagai materi pendukung pendidikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk diketahui, Pendidikan Dasar Teknisi Honda merupakan program pendidikan dasar yang diberikan di SMKN 4 Bogor. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan calon teknisi yang nantinya akan diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi di dealer-dealer jaringan Honda.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor terpenting yang dibutuhkan dalam industri otomotif yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia.

"Program pelatihan dan pendidikan dasar bagi para calon teknisi Honda merupakan jembatan untuk mempersiapkan para calon teknisi Honda yang berkuatlitas dan siap pakai untuk bekerja setelah mereka menyelesaikan program pendidikan di sekolah." terang Uchida dalam keterangan resminya kepada Okezone.

Sebelumnya, PT Honda Prospect Motor telah memberikan sebanyak 39 donasi kepada Sekolah maupun Lembaga Pendidikan mulai dari tahun 2000 hingga tahun 2014. Saat ini, pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jawa Barat, telah memproduksi produk-produk seperti Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda CR-V, dan Honda Freed.

Sebagai informasi, program Transfer Teknologi Honda ini dilakukan dengan membuka kelas khusus untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

1. Memberikan training dan OJT kepada guru-guru SMKN 4 Bogor.

2. Menyeleksi siswa-siswa berprestasi dan berkemauan tinggi untuk terjun langsung didunia Industri.

3. Memberikan training dan OJT kepada siswa-siswa terpilih ke jaringan dealer Honda selama jangka waktu minimla 5 bulan.

4. Memberikan bantuan alat peraga training yang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa :

a. Engine Simulator

b. Komponen sistem Suspensi, Rem, Power Steering dan transmisi

c. Shop manual

d. Common tools dan special tools

e. Informasi teknologi sebagai bahan training

5. Memberikan kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program dijaringan dealer Honda.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini