Share
Advertisement

Peminat PC Komputer Mulai Menggeliat

Amril Amarullah , Jurnalis-Sabtu 23 Agustus 2014 12:30 WIB
pameran komputer (foto: Dyandra)
pameran komputer (foto: Dyandra)
A
A
A
SEMARANG – Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Edi Joko Kiswanto mengatakan, jelang lebaran 2014 lalu, penjualan komputer sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan, turun hingga 60 persen.  

“Namun saat ini, penjualan mulai normal meskipun kalau dibandingkan dengan tahun lalu untuk penjualan tahun ini tidak terlalu menggembirakan,” kata Edi Joko Kiswanto seperti dikutip Antara, Sabtu (24/8/2014).

Sepanjang tahun ini, menurut Edi, penjualan terburuk terjadi pada bulan Juni dan Juli, karena saat itu adanya keperluan masyarakat terhadap kebutuhan sekolah.

"Meski kemarin penjualan sempat turun, kami melihat saat ini penjualan berangsur membaik dan harapannya akan terus terjadi hingga akhir tahun ini," jelasnya.

Mengenai penurunan penjualan tersebut Edi mengungkapkan tahun politik juga menjadi salah satu faktornya.

Faktor lain yang mengakibatkan penurunan penjualan tersebut yaitu sebagian konsumen sudah mengalihkan pembelian mereka untuk produk smartphone atau ponsel pintar.

Menurutnya sebagian konsumen beranggapan ponsel pintar sudah bisa memenuhi kebutuhan mereka, selain itu konsumen terutama anak muda masih lebih mengutamakan tren pada saat ini.

Sementara itu Edi mengatakan mengenai fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang masih terjadi, sejauh ini tidak berpengaruh terhadap harga komputer terutama notebook.

"Tidak berpengaruh karena kami mendatangkan komputer ke dalam negeri ini transaksinya menggunakan mata uang rupiah di antaranya merek Acer, Lenovo, dan HP, sedangkan yang masih menggunakan dolar yaitu Asus," ujarnya.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement