Share

PLN Gunakan 8 Genset untuk Sail Raja Ampat

Hendra Kusuma , Okezone · Sabtu 23 Agustus 2014 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 23 19 1028852 IKPmBMHrsN.jpg PLN gunakan 8 genset untuk Sail Raja Ampat. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Puncak acara Sail Raja Ampat yang diadakan di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu pagi tadi telah resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Adapun, ccara yang diisi dengan Sailing Pass dari Armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), atraksi terjun payung bebas (free fall) yang dilakukan oleh 21 penerjun dari Pasukan Marinir TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Serta atraksi lainnya dari peserta Sail lainnya yang mengikuti kegiatan Sail ke-6 yang diadakan di Raja Ampat, Papua Barat. Untuk mendukung pasokan listrik selama kegiatan puncak acara Sail Raja Ampat, PT PLN (Persero) telah menyiapkan delapan unit generator (mesin diesel) dengan total kapasitas 1.965 kilowatt (kw).

GM PT PLN Wilayah Papua & Papua Barat (WP2B), Robert Sitorus, memimpin langsung 15 petugas lapangan PLN yang khusus bertugas selama pelaksanaan acara Sail Raja Ampat. PLN sejak beberapa waktu lalu telah bersiaga menjaga kesiapan pasokan listrik untuk kebutuhan kegiatan Sail.

"Khusus untuk mensukseskan kegiatan Sail Raja Ampat di Waisai ini, PLN menurunkan 15 petugas teknis dan menyiapkan delapan unit mobile genset (generator diesel) yang digunakan untuk memasok listrik di empat titik pusat kegiatan, dengan total kapasitas mencapai 1.965 kw," jelas Robert dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (23/8/2014).

Robert menambahkan, kedelapan unit mobile genset disiapkan PLN untuk 4 titik lokasi acara Sail Raja Ampat 2014, yakni 3 unit di Pantai Waisai (Lokasi Puncak Acara Sail Raja Ampat) : 2x500 kw + 1x100 kw. Lalu, dua unit di Lapangan Sepakbola Waisai (Lokasi Expo) : 1x250 kwW + 1x100 kw

Lanjut Robert, dua unit di Wisma Negara (Lokasi Penginapan Presiden & Tamu VVIP) : 2x100 kw+ UPS, serta 1 unit di Gedung Pari (Lokasi Acara Ramah Tamah): 1x315 kw.

Tidak hanya itu, sambung Robert, beban puncak listrik di Waisai saat ini adalah 2,9 megawatt (mw) dengan jumlah pelanggan 2300. Listrik di Waisai (ibukota kabupaten Raja Ampat) hingga saat ini masih dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Raja Ampat (swa kelola).

Sedangkan listrik yang dikelola oleh PLN (PLTD kecil dan PLTS berkapasitas 40 kwp) berada di Saonek, sebuah pulau di gugusan Kepulauan Raja Ampat yang berdekatan lokasinya Waisai yang dikelola oleh PLN unit Saonek.

Sail Raja Ampat 2014 merupakan event internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari. Event ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air menjadi destinasi utama wisata dunia dengan mengangkat tema, "Membangun Bahari Menuju Raja Ampat Ke Pentas Duniaā€¯.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini