Share

Debus Sudah Diakui Dunia

Winda Destiana, Okezone · Sabtu 23 Agustus 2014 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 23 407 1028896 G6mH6J1lfB.jpg Debus sudah diakui dunia (Foto: Winda/Okezone)
A A A

AKHIR tahun lalu, atraksi pertunjukan kesenian debus telah diakui dunia sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Endrawati.  

Dia mengatakan bahwa debus mendapat pengakuan ini sejak 11 Desember 2013.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Sudah sejak akhir tahun lalu, melalui Kemendikbud, debus dinyatakan sebagai Warisan Tak Benda oleh UNESCO," katanya ketika ditemui Okezone di Titik Nol Mercusuar Anyer, Serang, Banten, Sabtu (23/8/2014).

 

Menurutnya, debus yang merupakan alat perjuangan dan sejarah yang hanya ada di Banten ini perlu sekali dijaga dan dilestarikan.

 

"Debus ini wajib sekali dijaga, dilestarikan, dimanfaatkan, juga dipromosikan. Agar semua orang mengenal kesenian khas yang hanya ada satu di dunia, yaitu Banten," tambahnya.

 

Pada penyelenggaraan festival debus pertama kali ini, terdapat sekira 2.000 orang peserta yang berasal dari seluruh daerah di Banten yang berpartisipasi pada acara ini.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini