Share

Revans Atleti Berbuah Mahkota "Raja Diraja"

Reza Jailani, Okezone · Sabtu 23 Agustus 2014 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 23 46 1028718 LbqAtSRdeg.jpg Selebrasi Gol Atletico Madrid (Foto: Reuters)
A A A

MADRID – Sah! Atletico Madrid keluar sebagai juara Supercopa de Espana 2014 setelah menumbangkan rival satu kota, Real Madrid 1-0 di leg kedua, agregat akhir 2-1. Gol Tunggal di laga ini diciptakan oleh striker anyar Los Rojiblancos, Mario Mandzukic saat pertandingan baru berjalan 2 menit.

Utak-Atik Carlo Ancelotti di lini depan El Real tidak membuahkan hasil selama 90 menit pertandingan. Keras, cepat, dan sedikit emosional adalah gambaran pertandingan kali ini. Selamat untuk Atletico dan para penggemarnya, atas raihan titel “Raja segala Raja” – Trofi Super Spanyol. Dendam kekalahan Atleti di Liga Champions dari Madrid musim lalu pun terbalaskan!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Jalannya pertandingan

Kick-off leg kedua Piala Super Spanyol antara duo Madrid dimulai. Setelah hasil imbang 1-1 di Santiago Bernabeu, kini Atletico hanya memerlukan hasil imbang lainnya untuk mengangkat trofi Piala Super Spanyol tahun ini. Dengan catatan angka kembar tak lebih dari dua gol.

Mario Mandzukic! Baru dua menit pertandingan berjalan striker seharga 22 juta euro ini sudah membuat seisi Estadio Vicente Calderón bergemuruh. Berawal dari tendangan jauh penjaga gawang Atleico, Moya. Maksud ingin mengamankan bola, Raphael Verane menyundul ke belakang.

Dengan gesit eks-penyerang Bayern Munich ini mengejar bola dan melepaskannya ke pojok kanan gawang Iker Cassilas. Sang pangeran Bernabeu pun tak takluk di menit ke-2. Skor 1-0 (agregat 2-1).

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Tertinggal, El Real coba memberikan respons. Baru pada menit 8, Madrid mulai terlihat nyaman mengembangkan pola permainannya. Hal ini terjadi hingga menit 14.Namun tuan rumah tampaknya tak begitu khawatir dengan penguasaan bola Madrid. Dengan telaten pasukan Diego Simeone memberikan pressing di setiap sisi lapangan.

Minus Cristiano Ronaldo, El Real masih terlihat rajin membangun serangan melalui kedua sayapnya. Trio lini tengah Madrid Luka Modric, Xabi Alonso, dan Toni Kroos coba mencari ruang untuk merusak pertahan Los Rojiblancos.

Namun hingga 20 menit babak pertama berjalan belum ada ancaman berbahaya dari Los Blancos yang hendak mencari gol penyeimbang. Lima menit berselang, peluang baru di dapat Madrid melalui Gareth Bale yang memanfaatkan one-two passing dengan Dani Carvajal. Sayang usaha Bale masih dapat dihentikan Moya.

Atmosfer pertandingan tak hanya terjadi di tengah lapangan saja, pada menit 26 Simeone diusir keluar lapangan oleh wasit David Fernandez akibat memprotes terlalu keras dan akan berada di bangku penonton di sisa pertandingan.

Di ujung babak pertama, Atletico nyaris memperlebar keunggulan melalui tendangan spekulasi Raul Garcia dari luar kotak penalti. Sambil terbang Casillas menepis percobaan Garcia dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda berakhirnya 45 menit pertama leg kedua Piala Super Spanyol 2014. Sementara satu tangan Los Rojiblancos menggenggam trofi.

Babak Kedua

Tahu timnya tertinggal, Don Carletto memasukkan Cristiano Ronaldo di jeda pertandingan menggantikan Kroos. Sebelumnya peraih Ballon d’Or 2013 ini dikabarkan mengalami cedera. Masuknya CR7-nama beken Ronaldo- praktis membuat formasi El Real berubah menjadi 4-2-3-1. Dua gelandang jangkar diserahkan kepada Modric dan Alonso.

Raul Garcia! Nyaris saja menambah keunggulan tuan rumah pada menit 48 jika saja sundulannya tidak membentur mistar gawang. Skor sementara masih 1-0 untuk Atletico. Kartu kuning kedua diberikan kepada Koke setelah melanggar Modric di menit 50. Satu menit berselang giliran Alonso diganjar kartu peringatan.

Sementara itu di bangku penonton terlihat Simeone masih mencoba memberikan instruksi kepada para pemainnya. Carvajal melakukan intersepsi krusial di menit 53, jika telat sedikit saja Koke bisa menyambar sodoran mendatar Mandzukic.

Kembali, Raul Garcia menebar ancaman dengan tendangan spekulasi. Usahanya melayang tipis ke sisi gawang Casillas yang melakukan aksi antisipasi pada menit 57. Cepat dan memanfaatkan lebar lapangan itulah ide Atletico saat melepaskan serangan. Sedangkan Madrid masih menguasai penguasaan bola.

Belum ada ancaman serius dari Los Blancos hingga 15 menit babak kedua berjalan. Ancelotti coba memberikan instruksi kepada pemainnya dari pinggir lapangan. Don Carletto harus melakukan perubahan di lini depan Madrid, Isco bisa menjadi solusi.

Tendangan roket CR7 dua menit berselang masih tepat jatuh di pelukan Moya. Suksesor Thibaut Courtuis ini tampil kokoh dalam dua leg Piala Super Spanyol 2014 ini. Menit 65 Ancelotti memasukkan Isco menggantikan peran James di lini depan Madrid, visi dan akselerasi Isco dibutuhkan El Real pada pertandingan ini.

Ancelotti melakukan segalanya untuk mengejar ketertinggalan termasuk memasukkan Marcelo di menit 69 menggantikan Coentrao. Atmosfer panas semakin terasa pada 15 menit teakhir di Estadio Vicente Calderon. Kedua tim masih bermain cepat, akan tetapi benturan demi benturan mulai sering terjadi di masa krusial ini. Belum ada celah yang dapat dimanfaatkan Madrid. Duel Mandzukic-Ramos kembali terjadi di menit 78.

Standing applause diberikan kepada Mandzukic saat ia digantikan oleh Cristian Rodriguez di menit ke-84. Good effort Mario! Hingga lima menit jelang waktu tambahan, CR7 dkk masih kesulitan menembus benteng pertahanan tuan rumah.  

Emosi pemain tampaknya tak terkendali di atas lapangan. Tambahan waktu 4 menit diberikan wasit untuk memperpanjang pertandingan. Namun bencana kembali menghampiri Madrid, Modric mendapatkan kartu kuning kedua. Otomatis playmaker internasional Kroasia ini harus keluar lapangan.

Peluit panjang ditiupkan wasit David Fernandez tanda berakhirnya pertandingan untuk kemenangan Los Rojiblancos dengan agregat 2-1. Kemenangan ini sekaligus membalas luka pasukan Diego Simeone di final Liga Champions 2014 lalu.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Iker Casillas; Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Coentrao (Marcelo 69’); Luka Modric, Xabi Alonso, Toni Kroos (Ronaldo 46’); Gareth Bale, Karim Benzema, James Rodriguez (Isco 65’).

Atletico Madrid (4-4-2): Moya; Juanfran, Godin, Miranda, Siqueira; Raul Garcia (Niguez 89’), Gabi, Tiago, Koke; Griezmann (Jimenez 72’), Mandzukic (Rodriguez 84’).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini