Share

ISIS & Ukraina Picu Kekhawatiran Miliarder

Widi Agustian , Okezone · Kamis 28 Agustus 2014 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 27 213 1030426 M70d2AzAHu.jpg ISIS & Ukraina Picu Kekhawatiran Miliarder. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Pelaku pasar tampaknya semakin pesismistis akan ekonomi global. Hal ini seiring dengan krisis geopolitik yang terjadi di Timur Tengah dan Ukraina.

Millionaire Investor Confidence Index periode Agustus 2014 yang dirilis Spectrem Group tidak menunjukan perbaikan dibanding bulan Juli, bahkan cenderung melemah dibanding Juni.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Alasan utamanya adalah, konflik di Timur Tengah dan Ukraina. Sebanyak 49 persen responden survei tersebut mengkhawatirkan masalah internasional. Demikian dilansir dari CNBC, Kamis (28/8/2014).

Sebagaimana diketahui, Timur Tengah tengah dilanda dua konflik besar. Yakni, konflik di Gaza yang didominasi oleh Israel dan aksi dari Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) yang semakin mengancam. Di sisi lain, konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina juga masih memanas.

Dari survei tersebut, 8 persen responden yang merupakan miliarder mengkhawatirkan kebijakan politik dan tingkat pengangguran. Isu soal ekonomi global ternyata hanya dikhawatirkan oleh sebagian kecil responden, yakni hanya 6 persen.

"Dari Ukraina ke Israel ke Irak, krisis internasional ini memiliki dampak langsung yang mempegaruhi keputusan investasi pelaku pasar," sebut laporan itu.

Laporan itu juga menyebut jika banyak miliader mengkhawatirkan kondisi di pasar saham. Alhasil, keputusan miliarder ini untuk berinvestasi di saham turun 3 persen. Sementara langkah miliarder untuk berinvestasi di obligasi turun 1,7 persen.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini