Share

Di IFF 2014 Istri PM Malaysia Dapat Gelar Kehormatan

Raiza Andini, Okezone · Rabu 27 Agustus 2014 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 27 29 1030706 HshRSlSR9O.jpg Istri PM Malaysia dapat gelar (Foto: Raiza/Okezone)
A A A

ADA yang menarik di acara Islamic Fashion Festival (IFF)  2014 yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat.  Tak hanya unjuk koleksi busana dari desainer lokal maupun negera tetangga, tapi ada penghormatan dari Raja Pagaruyuang kepada istri Perdana Menteri Malaysia Datin Sri Rosmah Mansor.

 

Istri PM Malaysia yang masih miliki garis keturunan Minangkabau, mendapat kehormatan dengan menyematkan gelar istimewa kepadanya. Datin merupakan keturunan dari suku Seri Lemak (Solomak) yang terletak di Payakumbuh di Minangkabau, Sumatera Barat. Dari sana, Raja Pagaruyuang membuatkan nama istimewa untuk Datin Sri Rosmah Mansor. Jika sebelumnya dia hanya memiliki empat nama, tapi kali ini namanya ditambah menjadi Puan Puti Reno.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Puan Puti Reno memiliki arti putri atau permaisuri sedangkan Reno merupakan nama kecil kebangsawan Minangkabau yang sangat dimuliakan. Prosesi penambahan gelar untuk Datin Sri Rosmah Mansor sendiri tidak berlangsung singkat, Pemangku atau tetua adat Minangkabau berbalas pantun dalam mengangkat gelar datuk dengan berbahasa Minang yang memiliki kiasan dan arti yang bermakna.

 

Sebelumnya, Datin Sri Rosmah Mansor disambut dengan daun sirih, gambit, pinang dan kapur ditambah tembakau merupakan penghargaan dan penerimaan adat dari suku Minangkabau. Selain itu, tari-tarian adat Minangkabau, Pasambahan, juga turut menyambut Datin Sri Rosmah Mansor sebelum memasuki tempat penobatan.

 

Prosesinya sendiri tidak berlangsung di Istana Pagaruyuang, tetapi di sebuah museum di Padang Kota. Museum Adityawarman, disulap menjadi istana raja dengan ornamen khas Minangkabau. Meski berlangsung lama dengan kondisi panas menyengat, Datin Sri Rosmah Mansor, bersedia mengikuti prosesi tersebut. Datin merasa bersyukur dan bangga mendapat velar dari Raja Minang.

 

"Saya bersyukur Alhamdulillah, ini merupakan gelar persahabatan dua negera. Saya senang dan bangga ini sangat bersejarah untuk saya," tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini