Share

Buku Bacaan Anak Masih Minim

Margaret Puspitarini , Okezone · Rabu 27 Agustus 2014 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 27 373 1030687 w502Zkq9zb.jpg Gerakan Mari Membaca (Foto: Margaret/Okezone)
A A A

JAKARTA - Membaca merupakan kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini. Namun, tidak semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses buku bacaan.

Country Representative untuk Indonesia, Asia Foundation Sandra Hamid menyatakan, banyak pihak yang ingin mendonasikan buku. Sayang, buku bacaan untuk anak-anak masih sangat minim.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Yang mau mendonasikan buku itu banyak. Tapi, untuk buku-buku bacaan anak masih kurang. Kebanyakan buku bacaan untuk remaja maupun tingkat mahasiswa," ujar Sandra, di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Duri Kepa, Jakarta Barat, Rabu (27/8/2014).

Oleh karena itu, Sandra mengapresiasi ajakan Pearson untuk memberikan 100 ribu buku kepada keluarga Indonesia yang tersebar di 27 kota pada 14 provinsi. Dia menyebut, program tersebut menjadi solusi bagi keluarga yang terbatas pada akses untuk memiliki buku bacaan.

"Setiap memberikan donasi buku ke daerah, pasti warga akan bertanya, ada enggak buku untuk anak-anak? Sekarang Pearson memberikan buku untuk anak-anak yang terdiri dari dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris," paparnya.

Sandra berharap, buku tersebut dapat memacu menumbuhkan minat baca anak. Orangtua pun tidak terlepas dalam memberikan pendampingan untuk menumbuhkan minat baca tersebut.

"Selama ini, setiap anak yang ditanamkan oleh orangtuanya untuk rajin membaca sejak kecil akan menularkan semangat itu kepada anak mereka kelak. Jadi, orangtua harus Meluangkan waktu untuk membaca bersama atau mendongeng bagi anak mereka untuk menumbuhkan minat tersebut," ungkap Sandra.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini