Share

Pertamina EP Berencana Jual Karbondioksida

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 28 Agustus 2014 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 19 1030884 xsVV8Ndj08.jpg Pertamina EP berencana menjual karbondioksida. (Ilustrasi foto: Okezone)
A A A

SUBANG - PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang mulai melirik bisnis baru untuk menambahkan pundi-pundi keuntungan yakni dari penjualan gas CO2 (Karbondioksida). Gas CO2 ini berasal dari stasiun Pengumpul Gas Subang yang terletak di Subang Field.

Assisten Management L&R Subang Field PT Pertamina EP Asset 3, Yosi Ardilla, mengungkapkan penjualan ini akan menguntungkan perusahaan. Pasalnya, selama ini gas CO2 selalu dibuang ke udara saat memproduksi gas.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Jelas menguntungkan, kan selama ini dibuang. Kita lempar ke udara gitu aja, jadi flare gas. Jadi ini masuk ke konsumen lagi," ucap Yosi di kantornya, Subang, Kamis (28/8/2014).

Menurut Yosi, setidaknya saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang serius untuk membelinya, seperti PT Aneka Gas Industri (AGI). Diharapkan pada akhir atau awal tahun depan, Subang Field sudah bisa menyalurkan CO2 tersebut.

"Kalau yang sudah sign itu PT Samator, di Cilamaya. AGI sekarang lagi proses, mungkin akhir tahun atau awal depan, mereka sudah bikin plantnya. Lalu ada yang PDKT tiga perusahaan, mau beli CO2 dari kami," imbuhnya.

Yosi menambahkan, pelanggan membeli CO2 ini digunakan untuk berbagai kebutuhan. “Seperti PT Aneka Gas Indonesia akan mempergunakannya untuk membuat dry ice,” sebutnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini