Share

Pipa Pertamina Meledak, Pasokan Solar di Jakarta Aman

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 28 Agustus 2014 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 19 1031118 gMpgnnFfo4.jpg Pipa Pertamina Meledak, Pasokan Solar di Jakarta Aman (Foto: Dani/Okezone)
A A A

SUBANG - Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina Milla Suciyani mengungkapkan bahwa pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar ke Jakarta tetap aman meskipun terjadi kebakaran.

Sebelumnya, Pertamina (Persero) mengungkapkan terjadinya kebakaran pipa pengangkut Solar di jalur trunk line Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Subang dengan dugaan sementara akibat adanya kebocoran pada pipa yang diindikasikan terjadi upaya ilegal tapping.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Walaupun terjadi kebakaran ini, tapi pasokan aman," ucap Milla di Subang Jawa Barat, Kamis (28/8/2014).

Milla menjelaskan, untuk menyiasati pasokan solar tersebut menggunakan jalur laut  yakni dengan kapal tanker mengangkut Solar untuk memasok Solar dari Balongan menuju Terminal BBM Plumpang

"Pasokan solar lebih diatas 10 hari. Alhamdulillah, pasokan BBM solar untuk wilayah DKI Jakarta dan aman karena jalur pipa ke-2 bisa dioptimalkan untuk menyalurkan solar ke Jakarta," sebutnya.

Namun Milla tidak mengetahui berapa banyak BBM yang hilang akibat ilegal tapping ini. Menurut dia, pipa tersebut memiliki diameter sebesar 16 inch dengan kecepatan pasokan solar dari Kilang Balongan menuju depo BBM sebesar 425 kilo liter per jam.

"Nanti akan ketahuan, karena dari mulainya kebakaran sampai pemadaman api kan sudah diketahui," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini