Share

Manfaat Terbaik Cuka untuk Kulit & Rambut

Restika Ayu Prasasty, Okezone · Kamis 28 Agustus 2014 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 195 1030916 WQS3LSVqhX.jpg Manfaat cuka untuk kulit & rambut (Foto: Google)
A A A

CUKA atau sari cuka apel tepatnya, dapat membantu Anda dalam rutinitas perawatan kecantikan. Bahan serbaguna ini dapat digunakan untuk mencegah jerawat dan membuat cat kuku bertahan lebih lama, tapi itu hanya beberapa.

Berikut adalah manfaat lain cuka sari apel, mulai dari memercepat waktu penyembuhan memar hingga mengencangkan kulit, seperti dilansir Women's Health Mag.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Menenangkan kulit

Tambahkan delapan ons cuka sari apel ke bak mandi berisi air hangat dan berendam di dalamnya selama 15 menit. Karena tingkat pH cuka sari apel mirip dengan tingkat pH asam pelindung lapisan mantel kulit kita, ini akan membantu memulihkan keseimbangan pH kulit.

 

Toner wajah

Campur satu sendok makan cuka sari apel dan dua cangkir air. Basahi bola kapas dan oleskan campuran pada wajah yang sudah bersih dan kering untuk mengencangkan kulit. Jangan bilas (aroma cuka akan hilang dengan cepat). Asam alpha-hydroxy dan asam asetat alami pada cuka sari apel akan merangsang sirkulasi serta memperkecil pori-pori.

 

Bilasan rambut

Campur dua sendok makan cuka sari apel dengan satu cangkir air dan gunakan untuk membilas rambut Anda setelah keramas. Bilas sampai bersih dan ikuti dengan kondisioner ringan. Asam asetat dalam cuka sari apel akan menghilangkan residu dari penumpukan produk rambut dan membantu rambut terlihat berkilau.

 

Menyembuhkan luka bakar matahari

Campur 1/2 cangkir cuka sari apel dan empat gelas air. Masukkan waslap pada campuran ini dan oleskan pada kulit yang terbakar matahari. Cuka sari apel membantu menurunkan kadar pH keseimbangan kulit, memercepat penyembuhan, dan mencegah lecet atau lepuh.

 

Obat luka cukur (razor bump)

Basahi bola kapas dengan cuka sari apel murni, dan oleskan di atas wilayah yang bermasalah. Untuk benjolan yang parah, cobalah oleskan madu terlebih dahulu, diamkan selama lima menit, lalu bilas, keringan, dan oleskan cuka. Sifat anti-inflamasi dari cuka sari apel mampu menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan asam asetat melembutkan kulit hingga membantu rambut tumbuh lebih mudah.

 

Pengobatan ketombe

Campur larutan cuka sari apel dan air dengan bagian yang sama. Pijatkan ke kulit kepala sebelum keramas. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh cuka sari apel dalam sampo biasa dan gunakan untuk mencuci rambut dan memijat kulit kepala. Cuka sari apel memiliki sifat antijamur alami untuk memerangi dan mengurangi ketombe. Plus, tingkat sifat asam yang dapat menyeimbangkan pH, mengembalikan pelindung lapisan mantel kulit kepala, serta menangkal pertumbuhan jamur lebih lanjut.

 

Penyembuh memar

Rendam bola kapas atau pad dengan cuka sari apel murni, serta balut dengan perban. Biarkan selama satu jam. Untuk memar yang sangat buruk, lanjutkan dengan gel atau krim arnica. Sifat antiinflamasi cuka sari Apple menenangkan cedera kulit dan asam asetat meningkatkan sirkulasi dan penyembuhan.

 

Pengobatan gigitan serangga

Basahi bola kapas atau pad dengan cuka sari apel murni dan oleskan pada kulit yang digigit serangga untuk pertolongan instan. Asam dalam cuka menetralisir gatal, sementara antiperadangan meredakan pembengkakan dan sifat penyeimbang pH memercepat penyembuhan.

 

Obat bau kaki

Campurkan satu cangkir cuka sari apel dengan empat gelas air di baskom. Rendam kaki selama 15 menit, bilas dan keringkan. Sifat antiseptik cuka sari apel membantu menghilangkan bau dan mengdisinfeksi kaki. Plus, sifat antijamur mencegah dan memerangi jamur.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini