Share

Orang Terkaya China Siapkan Rp8,5 T Tantang Alibaba

Widi Agustian , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 04:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 213 1030966 z092irEk1C.jpg Orang Terkaya China Siapkan Rp8,5 T Tantang Alibaba. (Wang Jianglin. Foto: CNBC)
A A A

JAKARTA - Orang terkaya di China, Wang Jianlin, akan menginvestasikan sebesar USD813 juta atau Rp9,5 triliun (kurs Rp11.687 per USD) untuk meluncurkan platform e-commerce baru.

Hal ini akan dilakukan Wang melalui perusahaannya, Dalian Wanda Group. Dia akan menggandeng Baidu dan Tencent untuk menggarap e-commerce ini. Demikian dilansir dari Forbes, Jumat (29/8/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Platform baru ini akan menjadi tantangan untuk Alibaba yang selama ini mendominasi pasar e-commerce yang tumbuh pesat di China.

Joint venture tersebut akan mengombinasikan kelebihan di sisi online dari Baidu dan Tencent yang merupakan kompetitor Alibaba. Hal ini dipadukan dengan kekuatan modal dari Wanda Group, salah satu konglomerasi terbesar di China yang bergerak di bidang properti dan entertaiment.

Platform baru ini akan dilengkapi dengan peta dari Baidu, dan data untuk mengakses sebaran real estat Wanda di China, termasuk mal dan bioskop. Di saat bersamaan, akan dimaksimalkan kelebihan Tencent dalam layanan online payment, Tenpay.

Di joint venture itu, Wanda akan menguasai 70 persen sahamnya, sementara Baidu dan Tencent masing-masing akan mendapatkan 15 persen.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini