Share

Taman Sare, Tempat Pemandian yang Dinilai Sakral

Edi Hidayat, Jurnalis · Kamis 28 Agustus 2014 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 408 1031077 PUyK6UawQn.jpg Taman Sare, Tempat Pemandian yang Dinilai Sakral (Foto:Edi Hidayat)

SEMENEP - Taman Sare atau tempat pemandian konon menjadi tempat pemandian istri para raja dan dayang-dayang keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, diyakini memiliki beberapa keampuhan dalam hal duniawi dan akhirat.  

Kolam yang berada di sebelah kiri keraton Sumenep memiliki tiga tangga yang memiliki masing-masing khasiat, seperti memiliki keturunan atau mendapat jodoh, mendapatkan karir yang bagus dan mendapat keimanan yang teguh atau menjadi orang saleh.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Banyak kok yang datang ke sini, pejabat, pengusaha, bahkan artis Ayu Azhari pun pernah datang ke tempat ini," kata pria yang akrab disapa Pak Encung, pemandu Taman Sare kepada Okezone di Sumenep, Jawa Timur, baru-baru ini.

 

"Iya dia (Ayu) sampai berenang di kolam itu," lanjut Veros, warga sekitar.

 

Selain memiliki air berkhasiat, sejuknya udara di sekitar kolam dan keraton menjadikan tempat tersebut banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga luar Madura.

 

Namun suasana mistis sekitar Keraton menjadikan nilai tambah tempat tersebut. Suasana mistis muncul saat pengunjung mulai memasuki ruang Keraton dan Museum yang terdapat beberapa barang peninggalan raja-raja Sumenep.

 

Para pengunjung dibuat terkagum-kagum dengan beberapa barang bersejarah sejak zaman kerajaan. Mulai dari perlengkapan rumah tangga, persenjataan dan Al-Quran yang konon dibuat dalam waktu satu hari satu malam oleh Raja Sumenep, Sultan Abdurrahman, sekira 200 tahun silam.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini