Share

Olahraga Ternyata Bisa Bikin Gemuk

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 28 Agustus 2014 17:31 WIB
$detail['images_title']
Olahraga dan diet harus seimbang agar tidak gemuk (Foto: Squarespace)

HAL yang dilakukan orang ketika ingin menurunkan berat badan adalah mulai berolahraga. Latihan fisik memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, penurunan berat badan adalah motif utamanya.

Namun, apakah mungkin olahraga dapat membuat Anda gemuk? Untuk menjawab itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatur kemungkinan itu, sebagaimana dilansir HealthMeUp, Kamis (28/08/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Latihan dan makanan

Ketika Anda banyak berolahraga, nafsu makan akan meningkat karena tubuh Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi. Ketika nafsu makan meningkat, Anda tentu cenderung makan lebih banyak. Karena itu, aturlah apa yang Anda makan ketika lapar setelah olahraga. Pasalnya, penting bagi kita untuk tetap menyeimbangkan latihan fisik dan nutrisi. (Baca: Empat Alasan Anda Perlu Konsumsi Buah)

Kalori dikonsumsi vs dikeluarkan

Mengonsumsi banyak kalori adalah sebuah kesalahan. Orang sering membakar banyak kalori selama berolahraga dan bersamaan dengan itu mereka makan secara berlebihan. Ini adalah jumlah waktu latihan rata-rata yang diperlukan orang untuk membakar makanan junk ini:

• 1 donat = 30 menit berenang

• 1 batang cokelat = 30 menit jogging

• 1 pan pizza: 75 menit bersepeda

• 1 bungkus chip: 80 menit dari sepak bola

 

Kebanyakan orang tidak cukup berolahraga untuk membakar makanan “sampah” yang mereka makan. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga dan mengatur diet sehat secara bersamaan, termasuk mengurangi junk food dari kehidupan Anda.

Jumlah latihan

Anda juga perlu memahami jumlah latihan yang benar-benar Anda perlukan untuk menurunkan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa berolahraga selama 150 menit seminggu (sekitar 20 menit per hari) hampir tidak cukup untuk menjaga berat badan. Jika Anda berharap untuk menurunkan berat badan, olahragalah minimal 250 sampai 300 menit setiap minggu (antara 35 dan 40 menit per hari). Idealnya, dalam rangka untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, Anda harus berolahraga selama 600-800 menit per minggu, atau selama satu jam setiap hari.

 

(fik)