Share

Nyeri di Bagian Otot & Sendi, Gejala Awal Fibromyalgia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 28 Agustus 2014 19:35 WIB
$detail['images_title']
Nyeri sendi gejala awal Fibromyalgia (Foto: Healthyhelen)

PERNAHKAH Anda merasa sakit dibagian leher, pundak, lengan, punggung yang tak kunjung hilang, meski sudah dipijat? Jika iya, kemungkinan Anda menderita Fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang menyebabkan nyeri, kaku pada otot dan sendi. Ada titik nyeri yang jumlahnya ada 11-18 di sekitar tulang punggung. Jika terdeteksi 11 saja, maka anda terkena Fibromyalgia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fibromyalgia seperti ini ini tidak bisa hilang dengan obat pereda rasa sakit,pijatan, bahkan dengan morfin juga tidak akan menyelesaikan masalah, dan diperlukan terapi untuk menghilangkanya,“ ujar dr Bernard Lee saat diskusi di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Direktur dari Singapore Pain Care Center ini juga menuturkan bahwa  fibromyalgia itu berbeda dengan osteophorosis.

“Jika anda merasa sakit punggung dan dokter mengatakan tulang keropos. Tapi sebetulnya saya punya kabar untuk Anda, tulang keropos itu bukan penyakit yang memberikan gejala, dia diam, tidak memberikan gejala,“ ungkapnya.

(fik)