Share
Advertisement

2018, Jaringan 3G & 4G Mendominasi Perangkat M2M

Advent Jose , Jurnalis-Kamis 28 Agustus 2014 15:34 WIB
Ilustrasi 2018, Jaringan 3G & 4G Mendominasi Perangkat M2M (Foto :  Mobileeurope)
Ilustrasi 2018, Jaringan 3G & 4G Mendominasi Perangkat M2M (Foto : Mobileeurope)
A
A
A
CALIFORNIA - Sebuah studi terbaru mengatakan, penggunaan jaringan 3G dan 4G akan melonjak dua kali lipat selama empat tahun ke depan.  Lonjakan tersebut akan terjadi khususnya pada layanan M2M (machine to machine).

Perusahaan analis Berg Insight mengatakan, teknologi perangkat 3G dan 4G akan tumbuh lebih banyak, menyalip perangkat yang masih menggunakan 2G pada 2017 nanti.  Selain itu, teknologi ini juga akan mendominasi layanan M2M pada 2018.

Untuk sementara waktu, lanjut analis, jaringan HSPA (High-speed Packet Access) akan menjadi perantara M2M terbesar, sambil menunggu persiapan 4G LTE secara keseluruhan.

Di Amerika utara, sejumlah besar perangkat M2M yang didistribusikan pada tahun ini menggunakan teknologi 3G. Para analis mengatakan langkah yang diambil oleh operator seluler di Amerika, sangat berbeda dalam memodernisasi perangkat M2M di pasaran.

Hal itu dikarenakan teknologi 3G sudah menjadi standar untuk diterapkan pada M2M di Jepang. Sementara di Eropa, di mana pada sebagian wilayah penerapan jaringan 4G berjalan lambat, layanan M2M yang menggunakan 2G akan bertahan lebih lama hingga 2020.

Seorang analis, Tobias Ryberg, mengatakan alasan dibalik hal ini adalah kebutuhan akan layanan data yang semakin tumbuh.

“Ada kecenderungan umum ke arah konsumsi data yang lebih tinggi untuk sebagian besar aplikasi M2M tradisional," kata Ryberg.

Dia juga mengatakan, industri otomotif juga sangat serius untuk mewujudkan visi connected car, yang memerlukan konektivitas mobile broadband.

Industri otomotis seperti GM (General Motor) dan Audi baru-baru ini  memperkenalkan model mobil pertama mereka yang ditanamkan teknologi LTE di Amerika Serikat,” tutupnya seperti dikutip Mobileeurope, Kamis (28/8/2014).

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement