Share
Advertisement

Arkeolog Temukan 15 Monumen Tersembunyi

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 07:01 WIB
Arkeolog Temukan 15 Monumen Tersembunyi (Foto: Sciencealert)
Arkeolog Temukan 15 Monumen Tersembunyi (Foto: Sciencealert)
A
A
A
LONDON - Stonehenge, sebuah situs arkeologi yang terdiri dari susunan batu-batu raksasa menjadi perhatian para peneliti. Situs berusia 5000 tahun ini memiliki batu besar dengan berat 4 hingga 8 ton.

Dilansir Sciencealert, Kamis (28/8/2014), peneliti masih terus menyelidiki dan mencari temuan menarik di situs tersebut. Penelitian Stonehenge Hidden Landscape Project menungkap bahwa ada struktur atau monumen tersembunyi yang berada di sekitar area situs Stonehenge.

Ludwig Boltzmann Institute for Archaeological Prospection dan Virtual Archaeology menggunakan radar dan pemindaian laser 3D untuk mengambil gambar tanah dalam radius 10 kilometer persegi. Mereka menemukan 15 monumen tersembunyi.

Struktur ini seperti pagar, gerobak, parit tersegmentasi dan lubang. Beberapa di antaranya telah terdeteksi sebeleumnya, tetapi belum pernah diteliti secara mendetail. Beberapa lainnya benar-benar baru bagi para peneliti.

Peneliti menduga, monumen ini pada awalnya telah di bangun di bawah tanah atau mungkin tertutupi oleh erosi atau produksi secara bertahap dari tanah oleh cacing tanah.

Wikipedia menerangkan, Stonehenge merupakan bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Situs ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement