Share
Advertisement

Peneliti Temukan Puluhan Fosil di Sarang Dinosaurus

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 09:01 WIB
Peneliti Temukan Fosil Tulang di Sarang Dinosaurus (Foto: Softpedia)
Peneliti Temukan Fosil Tulang di Sarang Dinosaurus (Foto: Softpedia)
A
A
A
BEIJING - Peneliti menemukan sarang dinosaurus di Lioaning Province, China. Situs ini diklaim merupakan tempat berkembangnya dinosaurus sejak hewan purba ini dilahirkan dan peneliti menemukan banyak tulang pada situs tersebut.

Dilansir Softpedia, Kamis (28/8/2014), laporan dalam jurnal Cretaceous Research menjelaskan bahwa peneliti menemukan tempat berkembangbiak dinosaurus. Dalam situs tersebut, peneliti juga menemukan fosil tulang besar, induk dinosaurus.

Dalam laporan yang diungkap oleh ahli di University of Pennsylvania, peneliti mengungkap bahwa situs ini berusia 120 juta tahun. Sisa-sisa dinosaurus ini menunjukkan area selebar 2 kaki atau sekira 0,6 meter.

Peneliti menemukan sekira 25 spesimen. Dari 25 spesimen atau tulang dinosaurus ini, 24 di antaranya dipercaya masih bayi dan satu dinosaurus besar yang diyakini sebagai induk dinosaurus.

Peneliti mengukur tubuh hewan masa lampau tersebut, yang memiliki ukuran panjang 4,5 inci atau 11,5 centimeter. Peneliti meyakini bahwa usia dinosaurus dewasa ini mencapai empat sampai lima tahun.

Dari pengamatan anatomi, hewan ini dipercaya merupakan spesies dinosaurus pemakan tumbuhan yang dinamakan Psittacosaurus lujiatunensis. Dengan menganalisis susunan lempengan batu, peneliti menduga dinosaurus ini mati akibat dari letusan gunung berapi.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement