Share

Pertamina Tambah Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 19 1031658 9EX4ZN2zox.jpg Pertamina Tambah Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - PT Pertamina Marketing Operation Region II siapkan tambahan 120 kilo liter (kl) avtur untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji di Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II (SMB II). Penerbangan pertama jemaah haji direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2014.

Senior Supervisor External Relation Alicia Irzanova mengatakan pada hari-hari biasa, Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badarudin II melayani 35 penerbangan dengan konsumsi avtur rata-rata 80 kl per hari. Dengan adanya penerbangan haji embarkasi Palembang, konsumsi avtur di DPPU SMB II diperkirakan akan meningkat menjadi 200 kl per hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan, Pertamina juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu. Hal ini sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji," ucap Alicia dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

 Alicia menambahkan, langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk layanan haji antara lain dengan menambah Bridger (mobil tangki pengangkut avtur) dari kilangPertamina RU III Plaju ke DPPU SMB-II,  dari total enam bridger dengan kapasitas 96 kl menjadi 14 bridger dengan kapasitas 224 kl. Selain itu supply yang biasanya dilakukan satu kali sehari ditambah menjadi  dua kali sehari.

 Pertamina DPPU SMB-II juga menambah satu unit mobil Refueler kapasitas 16 kl untuk pengisian ke pesawat guna menjamin ketepatan waktu pengisian ke pesawat haji maupun pesawat reguler. Adapun waktu yang diperlukan pengisian pesawat haji lebih kurang 1 jam.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, kebutuhan avtur selama musim haji tahun ini di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II tahun ini mengalami peningkatan sekitar 40 kl per hari dari 80 kl per hari (tahun 2013) menjadi 120 kl per hari," ucapnya.

Tahun ini Bandara Sultan Mahmud Badarudin II melayani 13 kloter haji yang akan memberangkatkan 5.820 jemaah haji atau sekitar 3,5 persen dari total jamaah nasional.  Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2014 jemaah haji akan diterbangkan dengan jenis pesawat Boeing – 747/ 400 berkapasitas 455 seat, sedangkan tahun sebelumnya Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus – 330 berkapasitas 315 seat.

Saat ini Pertamina DPPU SMB II melayani 8 maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia , Lion Air , Sriwijaya Air , Express Air , Citilink , NAM  Air, Air Asia, Silk Air dengan berbagai tujuan diantaranya Jakarta, Bandung, Batam, Surabaya, Pontianak, Penang, Singapura, Bandar lampung, Bali, Medan dan Pangkal Pinang.

Di samping penerbangan komersial, DPPU SMB II juga melayani pengisian avtur untuk TNI-AU, AD, AL serta POLRI.

Harga avtur  untuk DPPU SMB-II saat ini adalah sebesar Rp11.824 per liter atau USD100,34 per liter. Harga avtur ini bersifat fluktuatif dan diperbaharui setiap dua minggu dengan  menyesuaikan harga pasar internasional.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini