Share

2014, Ekonomi RI Paling Maksimal di 5,3%

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 20 1031725 yMwZm6xXbk.jpg 2014, Ekonomi RI Paling Maksimal di 5,3% (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi di Indonesia diperkirakan tidak akan mencapai target asumsi makro yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 sebesar 5,5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi tahun ini pasti akan berada di bawah asumsi APBN-P tahun ini, tapi tahun depan sangat tergantung kondisi globalnya," ucap  Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bambang menjelaskan, ekonomi Indonesia diperkirakan hanya akan tumbuh di kisaran 5,2 persen hingga 5,3 persen hingga akhir tahun.

"Tidak usah di paksakan. Kita, kalau pertumbuhan lebih tinggi juga lebih senang. Tetapi, kita mencoba realistis melihat keadaan ekonomi," sambungnya.

Menurut Bambang, hal ini merujuk pada hasil realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I dan II-2014. Realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2014 sebesar 5,21 persen, sedangkan pada kuartal II melambat menjadi 5,12 persen. Kendati demikian, pada kuartal III hingga akhir ada perbaikan.

"Kalau ada perbaikan, mudah-mudahan di semester II ini bisa memperbaiki sedikit bisa ke 5,3 persen," sebutnya.

Lanjut Bambang mengungkapkan, perbaikan tersebut akan didorong oleh perbaikan ekspor di sektor pertambangan, khususnya mineral yang saat ini sudah mulai terlihat kinerjanya usai beroperasinya perusahaan tambang mineral yang telah mengantongi izin ekspor. Selain itu, belanja pemerintah diperkirakan meningkat pada akhir tahun.

"Kemarin yang lemah adalah belanja pemerintah, ekspor, dan sektor pertambangan," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini