Share

Unand Juara 2 Debat Bahasa Inggris Nasional

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 373 1031456 AWgAl5kR0M.jpg Unand Juara 2 Debat Bahasa Inggris Nasional (Foto: dok. Unand)
A A A

JAKARTA - Satu lagi prestasi disumbangkan oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Andalas (Unand) di tingkat nasional. Dalam kategori Novice pada National University Debating Championship (NUDC), perwakilan Unand mampu keluar sebagai juara 2.

Para mahasiswa yang terdiri dari Rifki Dermawan (FIB), Melati Dwianugrah dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Adjudicatornya Riska Faulina dari FIB itu melewati final bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Mualawarman di Uniba Batam. Peserta NUDC 2014 ini terdiri dari 84 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mereka diadu uji wawasan berdebat dalam isu-isu faktual yang diberikan oleh panitia. Menjadi debater ini bukan saja hebat dalam bahasa Inggris, tapi juga mampu mengkolaborasi berbagai pengetahuan dalam mengemukakan pendapat.

Untungnya, tim debater Unand terdiri dari FIB dan FK yang mempunyai nilai plus, karena dapat saling mengisi kelengkapan wawasan mereka.

Ajang yang dibuka oleh Direktur Belmawa Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Dr. Ir. Ilah Sailah dan ditutup sekaligus penyerahan penghargaan pada sang jawara oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso.

Rektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur mengatakan, ke depan kemahasiswaan akan mengalokasikan dana yang cukup untuk program pembinaan para debater Unand dengan tujuan meraih prestasi yang lebih tinggi.

"Saya memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tim Debater Unand yang telah berusaha gigih, sehingga bisa membawa nama Unand di level nasional dan sangat berharap untuk tahap berikutnya membawa nama Unand di level internasional," ujar Werry, seperti dilansir laman Unand, Jumat (29/8/2014).

Prestasi yang dicapai ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk berjuang di level nasional dan intenasional dalam berbagai kompetisi, serta harus mempersiapkan diri secara terus menerus dari awal. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini