Share

Jenjang Karier Jelas, Alasan PNS Banyak Dipilih

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 373 1031606 iPoEhnZOn5.jpg Jenjang Karier Jelas, Alasan PNS Banyak Dipilih (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Bulan ini merupakan bulan kesempatan untuk masyarakat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Masyarakat pun berbondong-bondong untuk daftar di lembaga negara yang diinginkan.

Banyak alasan masyarakat yang ingin menjadi seorang PNS. Mulai dari melihat masa depan seperti jenjang karier, hingga hanya coba-coba saja.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Pendaftar PNS bernama Lia Lestari Wayah Kromopawiro, dirinya berminat menjadi PNS dengan alasan karena tidak ada sistem outsourching. Di PNS ada jenjang karier atau peningkatan jabatan di tiap eselon, ada dana pensiun, dan kesejahteraan terjamin.

"Kalau di swasta pasti ada sistem outsourching, jenjang pendidikan tidak dibedakan. Beda halnya dengan pemerintah, semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, bisa semakin tinggi pula tingkat jabatan yang diraih. Tapi balik lagi pada kinerja dan profesionalisme individu tersebut," ujar Cewek yang saat ini bekerja sebagai Staff Operasional PT Anggun Maritim Esajaya itu, saat dihubungi Okezone, Jumat (29/8/2014).

Cewek yang bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualanan batu bara dan pelayaran itu melanjutkan, dirinya sudah mendaftar di Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).

"Kebetulan saya lagi coba di Bakorkamla, tapi pinginnya di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berhubung sekarang cuma bisa register di satu formasi, jadinya saya coba daftar di Bakorkamla," ucapnya.

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" Jakarta jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan itu menambahkan, di Kemenhub formasi belum ada, sedangkan di Bakorkamla formasi sudah diumumkan.

Hal berbeda oleh calon pendaftar lainnya yang bernama Hari Widianto. Cowok yang sedang menunggu pembukaan pendaftaran di Kementerian Kehutanan (Kemenhut) itu, berminat menjadi PNS karena ingin mencoba-coba saja.

"Kan belum tahu diterima atau enggak, siapa tahu beruntung. Mencari keberuntungan aja," ungkap Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta itu.

Mantan mahasiswa Fakultas Syariah Jurusan Muamalah itu melanjutkan, dirinya pun bukan manusia yang munafik. Dia menilai, pekerjaan PNS seperti keinginan banyak masyarakat yang mencari aman saja dibandingkan menjadi karyawan-karyawan swasta.

"Walaupun resikonya tinggi, seperti tugasnya ditempatkan ke daerah lain yang membutuhkan," tuturnya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini