Share

Persiapan Jitu Hadapi Tes CPNS

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Jum'at 29 Agustus 2014 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 373 1031722 3NHJQLa8Ez.jpg Persiapan Jitu Hadapi Tes CPNS (Foto: dok. okezone)
A A A

JAKARTA - Meraih kesuksesan bukan perkara sulit jika kalian mengetahui triknya. Kuncinya, cukup menjadi diri sendiri dan melakukan yang terbaik.

Sukses bukan semata bertumpu pada hal-hal yang kalian lakukan. Lebih dari itu, kepercayaan diri pun sangat dibutuhkan. Seperti halnya jika kita ikut tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beberapa orang menilai, tes CPNS hampir sama dengan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada waktu masuk kuliah di perguruan tinggi. Jadi, bagi kalian yang kebingungan apa saja yang harus dipersiapkan, mending kita lihat tips-tips agar bisa menembus tes ini.

Lia Lestari Wayah Kromopawiro, misalnya. Perempuan yang sudah mendaftar CPNS di Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) ini memberikan tips untuk lolos tes CPNS walaupun belum pernah ikut sebelumnya.

"Tipsnya, setiap melakukan sesuatu diawali dengan membaca bismillah. Kemudian selalu berusaha, berdoa dan bertawakal, karena Allah akan selalu memberikan apa yang kita minta kepadaNya dengan niat yang sungguh. Insya Allah," ujar Lia, saat dihubungi Okezone, Jumat (29/8/2014).

Selain itu, alasan Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" Jakarta jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan itu mendaftar di Bakorkamla karena di mata dunia, Indonesia sudah dikenal sebagai negara maritim.

"Karena basic saya dari pelayaran dan saya mau kekayaan laut kita dijaga dengan baik. Saya sebagai generasi selanjutnya mau mengabdi di bidang kelautan," ucapnya.

Lain Lia, lain pula Hari Widianto. Cowok yang ingin mendaftar di Kementerian Kehutanan (Kemenhut) ini memberikan saran, selama ini yang dipersiapkan untuk mendaftar CPNS adalah pelajari soal-soal CPNS tahun lalu di internet.

"Seperti soal-soal tertulis. Jadi, enggak ada tips yang khusus, yang penting pelajari soal-soal di internet aja," ungkap Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta itu.

Hari memberikan alasan dirinya ingin mendaftar di Kementerian Kehutanan (Kemenhut) karena lebih suka yang berhubungan dengan alam bebas dan berpetualangan, serta ebih suka kerja di lapangan. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini