Share
Fakta tentang Leonardo da Vinci (4)

Minat Leonardo da Vinci dari Anatomi hingga Aviasi

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 29 373 1031768 di6v7XRxuE.jpg Minat Leonardo da Vinci sangat luas, dari anatomo hingga penerbangan (aviasi). (Ilustrasi: wikipedia)
A A A

KETERTARIKAN Leonardo da Vinci dalam banyak bidang mengarahkannya pada berbagai eksplorasi ilmiah. Baginya, seni dan sains tidak perlu dipisah-pisah.

Untuk lebih mengenal Leonardo da Vinci, Kampus Okezone, Minggu (31/8/2014), merangkum perjalanan hidupnya dalam beberapa seri tulisan. Berikut beberapa fakta unik Leonardo da Vinci.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Anatomi

Leonardo da Vinci menjadi pakar dalam bidang anatomi tubuh manusia. Dia mempelajarinya secara detail, bahkan mengganti otot kadaver dengan benang untuk melihat cara kerjanya. Leonardo da Vinci membuat ratusan gambar untuk membantu penjelasan tentang anatomi tersebut.

Menyukai Penerbangan (Aviasi)

Penerbangan merupakan minat lain yang ditekuni Leonardo da Vinci. Dia mempelajari sistem penerbangan burung dan membuat rancangan mesin terbang yang menyerupai helikopter.

Pecinta Air

Leonardo da Vinci juga mencintai air. Dia membuat rancangan sepatu mengambang, peralatan bernapas dalam air, sistem penunjang kehidupan dan alat menyelam yang dapat menyerang kapal dari bawah.

 

Ambidekster

Leonardo da Vinci mampu menulis dengan kedua tangannya (ambidekster). Dia bisa menggambar dengan satu tangan dan menulis terbalik, dari kanan ke kiri, dengan tangan lainnya. Hasilnya, gambar-naskah yang sulit dibaca orang lain tanpa bantuan cermin.

Selain itu, Leonardo da Vinci juga dikenal sebagai penderita gangguan disleksia dan paranoia.

Kode

Leonardo da Vinci sering menulis menggunakan kode. Biasanya, ini dia lakukan untuk menyimpan rahasia dagang. Namun, ternyata kode-kode tersebut tidak dulit dipecahkan. Dia biasa menulis dengan membaik urutan huruf atau menggunakan lambang zodiak untuk menunjukkan komposisi mineral yang digunakannya.

Kutubuku

Leonardo da Vinci juga merupakan kutubuku. Pada 1495, dia membuat daftar buku yang dimilikinya di Milan; hanya ada 40 judul. Sepuluh tahun kemudian, dia memiliki 116 volumes judul buku. Di antara judul tersebut juga ada akrya fiksi seperti drama romantis dan fabel.

Leonardo da Vinci rajin meminjam buku dari perpustakaan dan teman-temannya. Dia juga meningkatkan kemampuan bahasa latin untuk mengetahui berbagai informasi saintifik.

 

Iseng

Dalam berbagai kesempatan, Leonardo da Vinci juga bisa berbuat iseng. Dia sangat menggemari permainan kata. Bahkan, Folio 44 dari kumpulan catatannya, Codex Arundel, memuat daftar panjang sinomim kata penis.

Pemikir

Leonardo terkenal sebagai pemikir. Dia adalah orang pertama yang menjelaskan langit berwarna biru karena kemampuan udara memancarkan cahaya.

Dia juga menemukan penyebab bulan terlihat lebih samar-samar ketika masuk fase sabit. Alasannya, bagian malam bulan disinari cahaya yang direfleksikan bumi yang tampak 50 kali lebih terang di bulan.

Leonardo da Vinci juga mengajukan berbagai desain cerdas sebelum orang lain memikirkannya. Penelitiannya tentang erosi sungai meyakinkan Leonardo da Vinci bahwa usia bumi lebih tua dari yang disebutkan injil. Dia juga berargumen, penurunan level laut meninggalkan fosil kelautan di pegunungan, bukan karena banjir besar pada masa Nabi Nuh. (dari berbagai sumber - tamat)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini