Share
Advertisement

Gudang Aplikasi XL Jaring Developer Lokal

Amril Amarullah , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 10:33 WIB
Gudang Aplikasi XL Jaring Developer Lokal (okezone)
Gudang Aplikasi XL Jaring Developer Lokal (okezone)
A
A
A
JAKARTA – Gudang aplikasi yang merupakan salah satu layanan PT Xl Axiata Tbk (XL) – toko digital – terus menjaring para developer lokal untuk berkreasi di industri kreatif digital Indonesia.

Melebarkan sayapnya, gudang Aplikasi mulai menjajakan kerjasama dengan Segitiga.net menggelar acara Prototype Day bagi para komunitas developer lokal di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung.

Sebuah acara rutin bulanan yang menjadi sarana bagi para developer lokal untuk menunjukkan prototipe game dan aplikasi digital karya mereka, sekaligus untuk menjalin relasi dan bertukar pikiran.

General Manager Digital Entertainment XL – Revie Sylviana Andriani Dewi mengatakan, gudang aplikasi ke depannya berkomitmen untuk membangun sistem ekosistem digital di Indonesia, salah satunya dengan terus mendukung karya-karya kreatif anak bangsa, khususnya melalui layanan digital ini.

Saat ini, kata Andrian Dewi, beragam konten digital dipenuhi berbagai developer baik dalam maupun luar negeri. “Melalui program ini, kami berharap ke depannya developer lokal dapat lebih dominan mengisi konten-konten di Gudang Aplikasi dan semakin memperkuat daya saing industri lokal dari gempuran produk luar negeri,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Okezone, Jumat (29/8/2014).

Bersama Gudang Aplikasi, Prototype Day membahas perkembangan pesat industri game Indonesia dengan tema “Membangun Kekuatan Konten Lokal untuk Industri Kreatif Digital Indonesia,”

“Saat ini para developer lokal mengalami kesulitan untuk dapat masuk ke pasar app store dan menjual karya-karya mereka. Dengan adanya Gudang Aplikasi, kini developer lokal dapat dengan mudah memasarkan inovasi konten mereka, memegang peran besar sekaligus memajukan konten-konten lokal di Indonesia,” ujar Editor-in-Chief Segitiga.net – Adieb.

Gudang Aplikasi sebagai tools aplikasi Indonesia yang menyuguhkan berbagai aplikasi resmi melalui ponsel, akan mempermudah para pelaku industri kreatif digital di Indonesia baik developer maupun perorangan untuk mempublikasikan aplikasi atau game karya mereka ke masyarakat umum. Nantinya acara bulanan ini akan rutin digelar di sejumlah daerah lain, diantaranya Bandung, Depok, dan Yogyakarta.

500 Ribu Pelanggan
Saat ini pengguna Gudang Aplikasi sudah lebih dari 500.000 pelanggan dan sudah memiliki 9.000 konten, aplikasi, serta game yang didukung oleh 100 developer. Sekitar 30 developer lokal telah menjalin kerjasama ekslusif dan menyediakan 74 aplikasi lokal dan game, diantaranya developer lokal Manticore dan Emotion yang memberikan hak ekslusif selama 6 bulan untuk game Dikejar Setan dan game Angkot.

Studio Head Manticore Studio - Murdhi Purwohandoko mengatakan, game yang dihasilkan Manticore sebagian besar selalu memasukkan unsur budaya local. Sejalan dengan tagline Gudang Aplikasi, Manticore Studio juga berharap dapat merangkul lebih banyak developer lokal. Kedua game ini hanya akan tersedia di Gudang Aplikasi mulai bulan Agustus 2014.

Ke depannya, Gudang Aplikasi tidak hanya akan menjawab kebutuhan dari pengguna XL saja, tetapi juga dapat menjadi entry level pengguna Android, yang memiliki fasilitas pendaftaran dan berbagai metode pembayaran.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement