Share
Advertisement

Google Bikin Layanan Pengiriman Barang Pakai Drones

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 13:33 WIB
Google Bikin Layanan Pengiriman Barang Pakai Drones (Foto: Arstechnica)
Google Bikin Layanan Pengiriman Barang Pakai Drones (Foto: Arstechnica)
A
A
A
CALIFORNIA - Google baru-baru ini mengungkap projek terbaru mereka, layanan pengiriman produk yang didukung dengan pesawat tanpa awak atau drones. Proyek inisiasi Google ini dinamakan Project Wing.

Dilansir Arstechnica, Jumat (29/8/2014), proyek ini dikerjakan oleh tim Google X yang juga membuat mobil yang dapat berjalan secara otomatis dan Google Glass. Project Wings yang pengembangannya dimulai sejak 2011 ini memungkinkan perusahaan untuk mengirimkan paket barang menggunakan drones di ketinggian tertentu.

Dalam sebuah video, Google menunjukkan prototipe drone yang menjatuhkan paket pada ketinggian puluhan meter. Paket barang yang jatuh ini tidak akan membentur tanah secara keras, tetapi Google membuat teknik tertentu sehingga barang tetap aman.

Ilmuwan robotika dari MIT, Nick Roy bergabung dengan tim Google X selama dua tahun. Ia berkontribusi terhadap desain hibrida, yakni kombinasi fixed-wing dan elemen helikopter.

Sehingga, pesawat tanpa awak dapat lepas landas vertikal dan memiliki konfigurasi dengan ekor pesawat. Layanan ini juga diharapkan memberikan waktu pengiriman cepat dibandingkan Pony Express untuk perusahaan seperti FedEx.

"Kami mulai melihat layanan yang sama, benar-benar mengubah dunia," ungkap Sergey Brin, salah satu pendiri Google. Ia berharap, pengiriman barang ini bisa dilakukan cepat dengan waktu sekira satu atau dua menit.

Tidak hanya Google, perusahaan toko retail Amazon pada akhir tahun lalu mengungkap rencana untuk menyediakan layanan serupa. Akan tetapi, Federal Aviation Administration (FAA) menolak usulan yang diajukan Amazon karena mekanisme pengiriman yang memanfaatkan drone untuk pengiriman secara langsung kepada konsumen.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement