Share
Advertisement

NASA Ciptakan Pesawat Luar Angkasa Baru

Advent Jose , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 16:45 WIB
Ilustrasi NASA Ciptakan Pesawat Luar Angkasa Baru (Foto : Mashable)
Ilustrasi NASA Ciptakan Pesawat Luar Angkasa Baru (Foto : Mashable)
A
A
A
WASHINGTON - Badan Antariksa Amerika (NASA), dalam waktu dekat akan membuat pesawat luar angkasa baru. Pejabat yang berwenang telah menyetujui transisi fase formulasi (konsep) menuju fase realisasi (pembangunan) pada Rabu lalu.

Charles Bolden, NASA administrator, menyebutnya sebagai “perjalanan eksplorasi ilmiah manusia menuju Mars”. Space Launch System, atau SLS, adalah kendaraan eksplorasi pertama yang dirancang untuk melampaui orbit Bumi sejak program Apollo.

NASA mengatakan ini akan menjadi roket yang paling kuat di dunia seperti disadur Mashable, Jumat (29/8/2014). Dengan kapasitas daya angkut mencapai 130 metrik ton, SLS bisa membawa dua hingga enam kapal astronot menuju Orion spacecraft.

SLS juga mampu mengangkut semua peralatan dan bahan bakar  yang dibutuhkan untuk mendukung misi ke Bulan atau Mars.

"Kami berkomitmen penuh untuk membangun roket dan sistem pendukung lainnya yang akan membawa kita pada perjalanan itu," kata Bolden.

Proyek ini diharapkan menelan biaya kurang dari USD7 miliar. Jika semua berjalan sesuai rencana, NASA akan mengirim pesawat ini keluar angkasa pada 2021.

Ini adalah langkah awal untuk penelitian lanjutan, karena badan antariksa itu juga punya misi untuk mengirimkan pesawat berawak ke Mars pada tahun 2030.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement