Share
Advertisement

Printer 3D Selamatkan Hidup Bocah 12 Tahun

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 29 Agustus 2014 12:31 WIB
Printer 3D Selamatkan Hidup Bocah 12 Tahun (Foto: Slashgear)
Printer 3D Selamatkan Hidup Bocah 12 Tahun (Foto: Slashgear)
A
A
A
BEIJING - Cedera pada tulang belakang bisa mengubah hidup seseorang. Salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah operasi atau bedah.

Ilmuwan berhasil menciptakan teknologi printer 3D yang bisa diaplikasikan untuk bidang kesehatan. Dengan printer 3D, para ahli membuat organ buatan, yakni ruas tulang belakang untuk pasien berusia 12 tahun di China bernama Minghao.

Bocah yang mengalami kecelakaan tragis saat bermain bola ini mengidap kanker tersembunyi. Pengangkatan vertebra atau bagian tulang belakang perlu dilakukan dan ia bisa mengalami kelumpuhan.

Dilansir Slashgear, Jumat (29/8/2014), setelah beberapa bulan tanpa ada vertebra, tim dari Universitas Peking menciptakan ruas tulang dari cetakan printer 3D. Objek tiruan ini ditanamkan pada tulang belakang, tempat di mana tulang asli diangkat setelah pembedahan.

Desain yang tepat, pemulihan diklaim jauh lebih cepat daripada menggunakan metode sekrup. Konon, bahan dari organ tulang tiruan ini terbuat dari Titanium dan dicetak setelah dilakukan pemindaian pada tulang belakang anak.

Dengan mencetak implan dengan pori-pori kecil, tubuh akan perlahan mengisinya dengan tulang. Sehingga, membuatnya menjadi lebih kuat dan diharapkan Minghao bisa beraktivitas kembali dengan normal.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement