Share

Perbaikan Selesai, Jalur Pipa Pertamina Beroperasi Kembali

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Sabtu 30 Agustus 2014 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 19 1032061 uXdONrFoYW.jpg Ilustrasi pipa minyak Pertamina. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pipa Pertamina yang berlokasi di Desa Mandalawangi Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang yang sebelumnya mengalami kebocoran karena terindikasi mengalami ilegal tapping telah selesai diperbaiki pada pukul 10:57 WIB dan beroperasi normal kembali. 

Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina Milla Suciyani mengungkapkan, uji coba penyaluran BBM telah dilakukan pascatuntasnya perbaikan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, menunjukkan tidak adanya rembesan sehingga dinyatakan pipa dapat dipergunakan kembali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pada pukul 12.49 WIB Pertamina Pemasaran Jawa bagian Barat telah kembali memompa solar dari Terminal BBM Balongan ke Terminal BBM Plumpang," jelas dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

"Pada penyaluran awal flow rate diatur pada kecepatan 380 KL per jam dan akan terus ditingkatkan kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Adapun kecepatan maksimal penyaluran pada jalur pipa 1 ini bisa mencapai 1500 KL per jam," ungkap Milla.

Selama pipa jalur 1 dalam perbaikan, tidak ada gangguan pasokan BBM ke TBBM Plumpang karena selain dipasok melalui pipa, pasokan BBM di TBBM Plumpang juga dipasok melalui jalur laut/kapal tanker sehingga Solar di TBBM Plumpang tetap terjaga pada posisi stok sangat aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain melakukan upaya untuk menyelesaikan perbaikan pipa, Pertamina juga fokus pada upaya penanganan korban dan masyarakat terdampak di sekitar lokasi kejadian.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini