Share

Utang Numpuk, Jokowi Sulit Bangun Indonesia

ant , Jurnalis · Sabtu 30 Agustus 2014 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 339 1031972 qAjFvUeVGB.jpg Jokowi Sulit Bangun Indonesia (Foto: Okezone)
A A A

SOLO - Anggota tim penyusunan Kabinet Jokowi-JK, Prof. Sofian Effendi mengatakan bahwa tantangan pemerintah Jokowi-JK ke depan cukup berat. Apalagi, dengan anggaran APBN yang minim, di mana sebagian besarnya untuk membayar utang.

"Ini pengalaman pahit karena anggaran yang ada itu sebagian besar untuk membayar utang dan kondisi keuangan kita yang ada itu tidak memungkinkan untuk melakukan pembangunan," katanya pada seminar nasional dan pleno Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) di UNS Solo, Sabtu (30/8/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, disinggung jumlah menteri, Sofian mengatakan tidak akan lebih dari 34 menteri seperti yang ada pada Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jumlah menteri yang akan membantu pemerintahan Jokowi-JK tidak akan lebih dari 34, dan ini sesuai janjinya untuk merampingkan birokrasi," katanya.

Kabinet Pemerintahan Jokowi-JK nantinya akan ada tiga Menko, dan untuk Kementerian pendidikan ada wacana juga berubah yaitu mengenai Pendidikan Tinggi Ilmu Inovasi dan Iptek akan keluar dari Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Untuk Kementerian Pendidikan Tinggi, Inovasi dan Iptek untuk dijadikan kementerian sendiri sudah ada respon. Ini bocoran yang kami sampaikan," kata Sofian Effendi yang juga Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini