Share

Tes CPNS via CAT, Apa Manfaatnya?

Margaret Puspitarini , Okezone · Sabtu 30 Agustus 2014 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 373 1031930 XqErfxqDFE.jpg Tes CPNS via CAT, Apa Manfaatnya? (Foto: Magaret P/Okezone)
A A A

JAKARTA - Mulai tahun ini, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistem CAT online. Untuk memudahkan masyarakat atas sistem baru tersebut, pemerintah menggelar simulasi CAT tidak hanya melalui situs tapi juga secara real di beberapa lokasi.

Seperti yang dilakukan di The Kasablanka, Kota Kasablanka. Selain menjajal langsung simulasi CAT online, kegiatan dengan menggandeng Sindonews.com juga menghadirkan berbagai narasumber terkait untuk memberikan informasi seputar pendaftaran maupun proses seleksi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beberapa peserta mengaku sangat terbantu dengan adanya simulasi CAT online yang mereka dapatkan. Diah, misalnya. Dia merasa seleksi CPNS dengan menggunakan sistem online, masyarakat dapat mengetahui proses perekrutan secara transparan.

"Sistem ini bagus. Semua transparan, tidak ada manipulasi, tidak ada lagi KKN. Jadi semua orang bisa mengabdi dengan negara sesuai keiilmuan," ujar Diah salah satu peserta kepada Okezone di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/8/2014).

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Heni. Dia menilai, sistem online mempermudah masyarakat yang ingin mendaftar dari urusan administratif.

"Tahun ini mau coba daftar jadi CPNS karena pekerjaan pasti dan ingin berkontribusi untuk negara. Tahun lalu repot dengan urusan administrasi," ungkap Heni.

Meski belum tahu akan mendaftar pada instansi tertentu, Heni terus mempersiapkan diri dengan mempelajari contoh soal dan simulasi. Salah satunya dengan mengikuti simulasi CAT hari ini.

"Masih belum tahu mau melamar di mana. Tapi saya tertarik di beberapa kementerian. Masih saya pikirkan karena hanya boleh satu pilihan. Dilihat lagi kriteria yang dibutuhkan seperti apa," tuturnya.

Tak jauh berbeda, Carudi mengaku sistem CAT online yang diterapkan untuk seleksi CPNS sangat praktis. Walaupun, kata dia, akan merugikan bagi masyarakat yang masih asing dengan komputer.

"Sistem ini enak, tidak repot. Tapi kasihan bagi mereka yang tidak bisa menggunakan komputer, seperti orang-orang di daerah," urai Carudi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini