Share

Cumlaude? Daftar CPNS Lewat Formasi Khusus Saja

Margaret Puspitarini , Okezone · Sabtu 30 Agustus 2014 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 373 1031999 4Tm3PSnpcb.jpg {Cumlaude}? Daftar CPNS Lewat Formasi Khusus Saja. (Foto: Dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Selain formasi umum, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga membuka formasi khusus. Tahun ini, terdapat formasi khusus yang diberikan untuk para sarjana berprestasi.  

Wakil Kepala Biro Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyebut, formasi khusus untuk para sarjana berprestasi itu bertujuan untuk menjaga agar para kawula muda berprestasi tidak bekerja untuk orang asing tapi membangun negeri mereka. Apalagi stigma negatif yang melekat pada CPNS sering membuat pemuda berprestasi itu enggan memilih PNS sebagai profesi.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Indonesia butuh orang yang pandai. Tapi sayangnya mereka tidak mau jadi PNS dan justru bekerja untuk perusahaan asing. Maka kami berikan formasi khusus untuk yang mereka yang cumlaude. Jadi negara bisa mengambil orang-orang terbaik untuk negeri kita sendiri," kata Bima dalam Simulasi CAT Online di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/8/2014).

 

Dia mengungkap, untuk formasi khusus sarjana berprestasi, pemerintah menyediakan 200 formasi. Mereka, lanjutnya, akan didistribusikan di pusat saja.

 

"Ada seleksi tersendiri. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus akreditasi A. Prodi juga berakreditasi A. Ada wawancara juga untuk melihat kepribadian orang tersebut. Saat ini mereka akan ditempatkan di pusat saja. Nanti kami distribusikan ke berbagai kementerian atau instansi yang membutuhkan," paparnya.

 

Selain sarjana berprestasi, ada lima formasi khusus lainnya. Kelima formasi tersebut ialah atlet dan pelatih berprestasi, putra-putri Papua, kaum disabilitas, serta sarjana sarjana yang mengajar di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

 

Tahun ini, pemerintah menyediakan total 2.000 formasi pada jalur khusus tersebut. Informasi lengkap untuk keenam jalur tersebut dapat diakses melalui situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini