Share

Peserta CPNS Bisa Langsung Lihat Nilainya

Margaret Puspitarini , Okezone · Sabtu 30 Agustus 2014 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 373 1032031 h7EvgjrsaC.jpg Peserta CPNS Bisa Langsung Lihat Nilainya. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Wakil Kepala Biro Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjamin, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 akan lebih transparan. Sebab, masyarakat dapat melihat langsung nilai mereka secara real time.  

Bima menyebut, para peserta akan mendapatkan soal berbeda satu sama lain dalam tes CAT online. Namun, lanjutnya, tingkat kesulitan yang akan mereka hadapi sama.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ada puluhan ribu soal di bank soal kami. Setiap peserta dapat soal berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama. Ada yang sulit, sedang, dan mudah. Satu soal punya waktu untuk diselesaikan dalam 54 detik. Makanya manajemen waktu sangat penting," ujar Bima dalam Simulasi CAT Online di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/8/2014).

 

Setelah menyelesaikan tes dalam batas waktu yang ditetapkan, para peserta dapat melihat langsung nilai mereka dalam papan besar yang terpampang di lokasi ujian. Papan tersebut, kata Bima, menunjukkan ranking tiap peserta dan peluang masuk mereka dalam formasi yang telah dipilih.

 

"Anda bisa melihat skor kalau sudah selesai. Catat skor Anda. Di luar akan ada papan untuk memantau ranking Anda. Keluarga yang mengantar juga bisa melihat. Semua orang tahu, sangat transparan, dan tidak bisa diintervensi dengan siapa pun," tegasnya.

 

Menurut Bima, sistem seleksi CPNS yang sangat transparan meminimalisasi praktik KKN yang sering kali terjadi. Termasuk oknum yang memanfaatkan koneksi untuk menjadi PNS.

 

"Sekarang tidak bisa titip-titip lagi. Sudah tidak bisa sistem seperti itu. Sehingga yang masuk itu berdasarkan kemampuan dan usahanya sendiri bukan orang lain. Tanpa biaya apapun," urai Bima.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini