Share

Badai United Belum Berlalu

Fajar Anugrah, Okezone · Sabtu 30 Agustus 2014 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 45 1032100 HJRBiDVPEG.jpg Van Gaal. (Foto: Reuters/Andrew Yates)
A A A

BURNLEY - Manchester United kembali memetik hasil mengecewakan di Premier League. Menjalani pekan ketiganya di kandang Burnley di stadion Turf Moor, Sabtu (30/8/2014) malam WIB, Setan Merah hanya bisa bermain dengan skor akhir 0-0.

Mendominasi pertandingan tidak menjamin kemenangan bagi United. Permainan monoton dan serangan terburu-buru membuat usaha mereka menjadi mubazir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jalannya Pertandingan:

Babak pertama: Di menit-menit awal pertandingan, Manchester United bermain tidak lepas. Burnley masih dengan leluasa mengendalikan permainan dan menekan pertahanan United.

Menit tiga tendangan bebas gelandang Burnley, David Jones menemui mistar gawang. Tiga puluh detik kemudian sebuah back pass tanggung oleh Evans hampir berbuah gol untuk Burnley. Untung Kiper David De Gea cekatan menghalau bola.

Memasuki menit ke 10, para pemain Setan Merah mulai tenang dalam menguasai bola dan mencoba membangun permainan.

Pada menit 11 umpan tarik ke kotak penalti Burnley dilepaskan oleh Antonio Valencia. Meski ada empat pemain United di daerah 16 meter, bola tidak menemui sasaran karena dihalau bek Burnley.

Van Gaal tampak mengeksploitasi lebar lapangan. Para pemain Setan Merah lebih sering mengarahkan serangan lewat sisi sayap.

Di menit 15 sebuah umpan lambung terarah dari tengah lapangan yang dilepaskan Angel Di Maria diterima dengan dada oleh Robin Van Persie yang berada di kotak penalti. Penyerang Belanda itu lalu melepaskan sepakan kaki kiri. Untung, kiper Burnley, Tom Heaton sukses memblok bola dengan tubuhnya.

Jones lagi! Tendangan kerasnya, memanfaatkan kesalahan di Di Maria, mengarah ke gawang Setan Merah. De Gea melompat dan memblok bola dengan cekatan.

Hingga menit 30 United tampak tidak sabar dalam membangun serangan. Upaya yang dilakukan terlihat monoton dengan banyak mengandalkan sisi sayap dan umpan lambung. Barisan gelandang United juga memiliki jarak yang terlalu renggang dengan rekannya. Bek Burnley yang bermain taktis bisa dengan kompak menangkal serangan Setan Merah.

Di menit 34 bahaya kembali mengancam gawang United. Scott Arfield mengecoh Ashley Young dan Tyler Blackett lalu melepaskan tendangan keras ke arah De Gea. Evans dengan tenang memblok tendangan tersebut.

Di Maria melakukan solo run dari sepertiga pertahanan United lalu mengumpan kepada Mata di menit 39. Mata yang melihat Rooney di kotak penalti Burnley kemudian melepaskan umpan silang, bola lebih dulu diamankan Heaton.

Menit 44 Ashley Young menerobos ke kotak penalti lawan. Saat terjadi kontak tubuh, Young terjatuh tapi wasit menilai itu bukan pelanggaran.

Babak pertama berakhir 0-0 dengan United melakukan 67 persen penguasaan bola dan Burnley dengan 33 persen. Meski dominan, permainan United masih monoton dan terburu-buru. Selain itu pertahanan Setan Merah beberapa kali membuat kecerobohan yang membuat pemain Burnley bisa melepaskan tendangan berbahaya.

Babak kedua: Menit 52 serangan balik yang cepat dilakukan United. Di Maria yang menerima bola matang menendang dengan kaki kirinya, tapi bola membentur pemain Burnley.

Penetrasi Di Maria di sisi kanan pertahanan Burnley menghasilkan kemelut di menit 58. Van Persie yang melakukan tendangan kaki kiri berhasil dihalau bek Burnley.

Hingga menit 66 Burnley masih belum bisa keluar dari tekanan United. Pasukan Sean Dyche itu hanya terus menunggu serangan dan merapatkan pertahanan mereka. Tapi belum ada satupun serangan Setan Merah yang dikonversi menjadi gol.

Valencia melepaskan umpan silang di menit 77 setelah United mengurung pertahanan Burnley. Aksi sigap Matthew Taylor dengan menyundul bola keluar lapangan menyelamatkan gawang Burnley.

Sebuah umpan dari Welbeck kepada Mata cuma menghasilkan tendangan gawang untuk Burnley. Tendangan Mata yang berada sekitar 12 meter dari gawang malah melambung jauh di atas mistar gawang.

Young berteriak ke wasit untuk mengklaim penalti setelah tendangannya mengenai tangan Barnes di menit 87. Tapi wasit mengabaikan protes Young.

Menit 94, wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Menurut data yang dilansir Soccerway, United melakukan 60 persen penguasaan bola, tapi hanya mendapatkan satu sepak pojok dan satu shot on goal. Dengan hasil tersebut, United baru meraih dua poin dari tiga laga, hasil dua kali imbang dan sekali kalah.

Susunan pemain:

Burnley (4-4-2): Heaton; Trippier, Shackell, Duff, Mee; Arfield, Marney, Jones, Taylor (Reid '87); Jutkiewicz, Ings (Barnes '78).

Cadangan: Gilks, Reid, Ward, Wallace, Long, Barnes, Sordell.

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Jones, Evans, Blackett; Valencia, Fletcher, Di Maria (Anderson '69), Young; Mata (Januzaj '86); Van Persie (Welbeck '73), Rooney.

Cadangan: Amos, James, Keane, Anderson, Januzaj, Welbeck, Hernandez.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini