Share

Tips Hemat Energi saat Musim Panas (I)

Vahria Azhari Zeta , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 472 1031984 rQHlOrYKw5.jpg Tips Hemat Energi saat Musim Panas (I) (Foto : Freshome)
A A A

JAKARTA - Ketika musim panas tiba, penggunaan energi listrik pun cenderung meningkat. Hal ini bersumber dari pemakaian barang elektronik seperti kipas angin, kulkas ataupun pendingin udara.

Agar tagihan listrik tidak melonjak selama musim panas, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Simak tipsnya yang dikutip dari Freshome, Minggu (31/8/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pertama, ganti AC lama Anda dengan yang baru. Pada dasarnya, produk AC keluaran lama biasanya banyak memakan energi listrik. Produk AC yang terbaru saat ini biasanya dirancang dengan standar hemat energi. Penggunaan AC yang mempunyai standar hemat energi, bisa mengurangi tagihan penggunaan listrik Anda.

Kedua, gantilah metode memasak Anda. Jika biasanya Anda menggunakan oven untuk memasak atau memanggang, memasuki musim panas sebaiknya kegiatan tersebut dikurangi. Penggunaan oven saat memasak akan membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih panas.

Jika ruangan sudah panas, pastinya Anda membutuhkan pendingin udara yang bekerja lebih lama. Agar hal tersebut tidak terjadi, gunakan alat panggang manual di luar rumah atau jika Anda tetap ingin memanggang. Dan lakukan kegiatan memanggang tersebut di pagi hari saat udara luar masih dingin dan sejuk.

Ketiga, gunakan pengatur suhu otomatis. Jika Anda tidak sedang berada di rumah, Anda dapat memprogam suhu ruangan menjadi hangat, dan pada jam Anda kembali ke rumah atur suhu kembali menjadi sejuk. Agar saat sampai rumah Anda tidak merasa hawa panas.

Keempat, hindari sinar matahari langsung masuk ke rumah. Jangan lupa tutup jendela saat Anda ingin meninggalkan rumah. Ini akan membuat rumah tetap merasa dingin dan penggunaan AC juga tidak perlu berlebihan.

Kelima, berikan kesempatan bagi pendingin udara untuk beristirahat. Penggunaan AC secara terus menerus akan membuat tagihan listrik membengkak. Sekali-sekali gunakan kipas angin untuk meminimalisir penggunaan AC dan menghemat biaya pengeluaran listrik.

 

(bersambung)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini