Share

Tips Hemat Energi saat Musim Panas (II)

Vahria Azhari Zeta , Okezone · Minggu 31 Agustus 2014 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 472 1031989 VHWg1V7yxq.jpg
A A A

JAKARTA - Pada musim panas, biasanya penggunaan peralatan elektronik menjadi lebih meningkat akibat penggunaan AC dan kipas angin. Akibatnya, tagihan listrik Andapun menjadi membengkak.Ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan agar tagihan listrik rumah tidak membengkak selama musim panas.

Apa saja? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Freshome, Minggu (31/8/2014)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gunakan air dingin saat mandi. Penggunaan alat pemanas air di kamar mandi ternyata cukup memakan biaya. Sebaiknya,kurangi penggunaan air panas saat mandi. Gunakan alat pemanas air bila diperlukan saja.

 

Pasang lampu hemat energi. Saat ini, lampu hemat energi sudah banyak beredar di pasaran. Ada baiknya Anda ganti lampu konvensional Anda dengan menggunakan lampu hemat energi. Selain itu, lampu hemat energi juga memancarkan cahaya yang terang serta lebih tahan lama. Sehingga tidak boros biaya.

Servislah AC Anda secara teratur. Pastikan AC Anda tetap bekerja secara baik dan teratur sesuai prosedur penggunaan dan memiliki petugas servis profesional untuk memeriksakan AC Anda setiap tahun. Ini akan membantu AC Anda bekerja dengan baik selama bertahun-tahun dan tentunya biaya listrik Anda akan hemat.

Pastikan pipa AC tersegel. Periksa pipa, dan koneksi, serta ventilasi di rumah Anda untuk memastikan penyegelan yang tepat. Apa gunanya dalam pendinginan rumah Anda, jika setengah dari udara dingin pendinginan loteng? Jika Anda tidak terbiasa dengan cara melakukan ini, gunakan jasa servis AC.

Terakhir, habiskan lebih banyak waktu di luar rumah. Cuaca yang panas tidak selalu di identikan dengan tidak mau keluar rumah. Justru musim panas harusnya dinikmati dengan cara berkumpul dengan teman atau melakukan piknik. Dengan begitu pemakaian energi listrik di rumah Anda juga akan berkurang.

Menghemat energi saat musim panas ini seharusnya tidak menjadi tantangan besar. Gunakan 10 tips bermanfaat ini untuk melindungi dompet Anda, menyelamatkan bumi dan membuat Anda dan keluarga Anda tetap dingin saat musim panas. Selamat berhemat!

(habis)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini